Jokowi Targetkan Bakauheni-Aceh Terhubung Jalan Tol di 2024

Ameidyo Daud Nasution
24 November 2018, 11:23
Tol Trans Sumatera
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Tol Trans Sumatra

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan Tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Aceh akan rampung pada 2024. Target ini sejalan dengan penyelesaian ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung Tengah sepanjang 140,8 kilometer (km) pada Desember 2018 dan ruas Bakauheni-Palembang sepanjang 350 km pada pertengahan 2019.

"Saya baru hitung-hitungan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mungkin 2024 (selesai)," kata Jokowi ketika meninjau ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jumat (23/11). Dalam peninjauan tersebut Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

Tol Trans Sumatra diharapkan memberi dampak positif bagi kelancaran mobilitas barang dan orang, serta distribusi logistik di Pulau Sumatra sehingga lebih efisien. Kawasan-kawasan industri dan ekonomi khusus akan terhubung dengan jalan tol Trans Sumatra sehingga kawasan tersebut akan semakin menarik minat investor.

"Kami harapkan dengan terbangunnya Trans Sumatra ini daya saing akan lebih baik, titik-titik pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan ini akan terintegrasikan nantinya dengan kawasan-kawasan industri dan kawasan-kawasan ekonomi khusus yang semua sedang dalam proses dibangun," ujar Jokowi.

Ruas Bakauheni-Terbanggi yang ditinjau Jokowi saat ini berada dalam tahap penyelesaian akhir. Proses pembangunan fisik tol ini telah mencapai di atas 96% sehingga diperkirakan ruas tersebut dapat dioperasikan pada Desember 2018.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...