Dari Kuliner hingga E-Commerce, Go-Pay Gaet 200 Ribu Mitra

Desy Setyowati
26 November 2018, 17:31
Go-Pay
Go-Jek
Ilustrasi pembayaran melalui QR Code Go-Pay.

Aplikasi pembayaran digital besutan PT Dompet Anak Bangsa, Go-Pay sudah bisa dipakai di 200 ribu mitra. Go-Pay memang menyasar mitra dengan tingkat penggunaan (use cases) tinggi.

Managing Director Go-Pay Budi Gandasoebrata mengatakan, tipe rekan usaha mitranya mulai dari minimarket, restoran cepat saji, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). "Paling banyak (transaksinya) makanan dan minuman," ujar Budi di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (26/11).

Head of Corporate Affairs Go-Pay Winny Triswandhani menambahkan, mitra UMKM mencapai 20 ribu dari total 200 ribu. Angka tersebut melonjak cukup pesat mengingat layanan Go-Pay baru tersedia di 4 ribu mitra offline yang belum tergabung di Go-Food per Mei 2018.

Di samping itu, setengah dari transaksi di Go-Jek menggunakan Go-Pay. "Kami tumbuh berkali-kali lipat mengikuti perkembangan Go-Jek," kata Winny.

Ke depan, ia memastikan Go-Pay akan menjalin kerja sama dengan lebih banyak mitra terutama di sektor kuliner. Selain itu, Go-Pay akan bekerja sama dengan lebih banyak e-commerce. "Ke depan kami ingin hadir di pusat perbelanjaan hingga kantor dan lebih banyak lagi use cases," ujar dia.

(Baca juga: Perlu 3 Tahun bagi Fintech Indonesia Susul Tiongkok)

Selain itu, Go-Pay rutin mengadakan promosi untuk meningkatkan transaksi seperti Go-Pay Day yang diadakan pada saat pekerja menerima gaji. Go-Pay menawarkan cash back hingga 50% pada 27-30 November 2018. Setidaknya ada 36 mitra dengan lebih dari 2 ribu outlet di Indonesia yang mengikuti promosi ini.

Senior Vice President Product Marketing Go-Pay Galuh Chandra mengatakan, promosi ini menjangkau banyak penggunaan mulai dari makanan dan minuman, membeli buku di Gramedia, hingga berbelanja di e-commerce seperti JD.ID. Selain itu, promosi berlaku untuk layanan Go-Jek seperti Go-Ride, Go-Car, dan lainnya.

Salah satu mitra, yakni Marketing Communication Manager Hokkaido Edgar Prima mengatakan, Go-Pay mempermudah konsumen bertransaksi di tokonya. Alhasil, pendapatannya pun turut meningkat. "Promosi juga menjadi daya tarik. Go-Pay juga mempermudah transaksi," katanya.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...