Startup Desain Produk Ramah Alam Butuh Dukungan Modal dan Riset

Dini Hariyanti
26 November 2018, 18:15
Kantong Plastik
Katadata

Pelaku usaha rintisan di bidang desain produk ramah lingkungan menginginkan regulasi yang mengakomodir dua aspek utama, yaitu akses pendanaan serta riset dan pengembangan ide. Pemerintah sejauh ini dinilai belum cukup memberikan dukungan untuk dua hal ini.

Co Founder Evoware David Christian mengakui bahwa bekal utama untuk merealisasikan gagasan menjadi produk nyata bukanlah uang, melainkan pola pikir. Meskipun demikian, supaya bisnis dapat berkesinambungan maka penguatan modal tak bisa ditampik.

"(Startup) seperti kami pasti perlu dukungan dari segi pendanaan. Karena untuk menjalankan bisnis, tetap tak bisa bohong, butuh dana. Selama ini, kami banyak dapat dari hibah luar negeri," katanya kepada Katadata.co.id, Senin (26/11).

(Baca juga: Kreskros, Produk Fesyen Bergaya dari Sampah Plastik Kresek

Berdasarkan pengalaman di lapangan, Evoware menilai, riset dan pengembangan ide sangat penting bagi startup di bidang desain produk ramah lingkungan. Dukungan yang diharapkan terkait hal ini, contohnya kemudahan mengakses fasilitas khusus semisal labotarium.

Evoware merupakan perusahaan yang fokus menghasilkan produk berorientasi gaya hidup ramah alam. Jenama ini menghasilkan aneka kemasan. Bahan baku mentah yang digunakan adalah rumput laut. Tak hanya fokus kepada isu lingkungan, Evoware juga hendak meningkatkan taraf hidup petani.

"Jadi, penting akses pendanaan dan dukungan riset serta pengembangan inovasi. Mungkin bisa difasilitasi adanya program inkubasi bagi mereka yang punya ide dan keterampilkan tetapi terkendala modal. Dampingi berkelanjutan," ucap David.

(Baca juga: Skala Produksi, Tantangan Mycotech Bersaing dengan Produk Konvensional

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...