Rupiah Tembus 14.200 per Dolar AS, Terus Pimpin Penguatan di Asia

Martha Ruth Thertina
30 November 2018, 14:37
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Nilai tukar rupiah terus menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Nilai tukar rupiah sempat menyentuh level 14.276 per dolar AS pada perdagangan di pasar spot, Jumat (30/11) siang. Ini artinya penguatan mencapai Rp 336 dalam sepekan.

Kinerja rupiah juga termasuk yang terbaik di antara mata uang Asia lainnya. Pada perdagangan Jumat ini, rupiah kembali memimpin penguatan. Saat berita ini ditulis, rupiah berada di level 14.296 per dolar AS atau menguat 0,6% dibandingkan posisi penutupan hari sebelumnya.

Advertisement

Sementara itu, mata uang Asia lainnya menguat kurang dari 0,3% terhadap dolar AS, sedangkan won Korea Selatan dan ringgit Malaysia justru melemah masing-masing 0,12% dan 0,08%.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah menjelaskan dua faktor global utama yang menekan nilai tukar rupiah sepanjang April hingga September, sudah lebih kondusif saat ini. Dua faktor global yang dimaksud yakni ekspektasi kenaikan bunga acuan AS dan memanasnya tensi perang dagang.  

(Baca juga: Menko Darmin Lihat Potensi Relokasi Bisnis dari Tiongkok ke Indonesia)

Pernyataan Gubernur bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell bahwa bunga acuan AS sedikit di bawah kisaran “neutral” menambah keyakinan pelaku pasar bahwa tren kenaikan bunga acuan AS sudah mendekati akhir. “Setelah kenaikan di bulan Desember nanti, pasar memperkirakan hanya ada satu kali kenaikan di tahun 2019,” kata Nanang, Kamis (29/11).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement