Sekarang Pesan Go-Jek Bisa Melalui Asisten Google

Desy Setyowati
4 Desember 2018, 19:10
Google Talks
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Asisten Google adalah fitur yang dirancang untuk bisa digunakan oleh siapa bpun, baik untuk membaca berita hingga memesan Go-Jek. Bahkan, asisten Google bisa bercanda sebagaimana manusia pada umumnya.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google menyiapkan fitur yang memungkinkannya terhubung otomatis dengan layanan Go-Jek dan operator seluler milik PT Indosat Tbk. 

Vice President of Engineering Google Assistant Scott Huffman menjelaskan,  fitur Asisten Google  akan memungkinkan pengguna memesan layanan Go-Ride tanpa membuka aplikasi Go-Jek, namun cukup mengaksesnya melalui fitur suara.

"Fokus asisten Google adalah penggunaan (more useful). Kali ini, (asisten Google) bisa otomatis dipakai untuk memesan Go-Jek," ujarnya dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12).

(Baca: Tiga Produk Baru Google Indonesia, Termasuk untuk Pencari Kerja)

Selain itu, asisten Google bisa membuat pengguna melihat pemakaian data dan pulsa, khususnya bagi operator Indosat. "Layanan ini akan segera diluncurkan,"katanya.

CEO Go-Jek Nadiem Makarim mengatakan pihaknya sudah banyak bekerja sama dengan Google. Misalnya, dengan memaksimalkan aplikasi Google Maps untuk  layanan Go-Ride. Dengan begitu, pengendara bisa memperoleh informasi jalur berkendara, terutama untuk kendaraan roda dua. 

"Saya secara fundamental percaya kalau kami menggabungkan data mengenai transportasi di Jakarta misalnya, kami bisa adakan (layanan) transportasi yang lebih kuat," kata Nadiem.

Selain itu, Google Maps juga diakuinya cukup membantu mitra Go-Resto ataupun Go-Food untuk meningkatkan transaksinya. "Saya rasa ada banyak hal (yang bisa dikerjasamakan). Di inklusi keuangan misalnya, juga bisa ditransformasikan (bila berkolaborasi dengan Google)," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...