Jokowi atau Prabowo, Siapa yang Lebih Populer di Twitter Tahun Ini?

Desy Setyowati
5 Desember 2018, 15:42
Twitter
YouTube

Menjelang Pemilihan Presiden, obrolan soal politik ramai di media sosial. Di Twitter misalnya, banyak orang menyuarakan pilihannya melalui tanda pagar (tagar) yang identik dengan kandidat tertentu.

Sepanjang tahun ini, Twitter mencatat 10 tagar terpopuler di Indonesia. Di peringkat satu ada #BTS, lalu di belakangnya ada #EXO, #AsianGames2018 #WorldCup.

Terkait Pilpres, kubu Jokowi rupanya masih unggul dengan tagar #2019TetapJokowi di peringkat lima, kemudian disusul oleh #2019PrabowoSandi di urutan keenam. Sementara tagar #2019GantiPresiden yang sempat populer beberapa waktu lalu rupanya tak masuk peringkat 10 besar.

Country Industry Head, Indonesia & Malaysia, Twitter Dwi Adriansah menyampaikan, percakapan seputar calon presiden dan wakilnya sudah terasa mengingat Pemilihan Umum (Pemilu) serentak bakal berlangsung April 2019. "Perdebatan perihal politik itu tak terhindarkan," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/12).

Selain tagar, akun @jokowi menjadi yang paling populer di Twitter. Sementara akun @prabowo menempati posisi keempat di bawah @FiersaBesari dan @seterahdeh. Sementara @sandiuno yang maju dalam pencalonan bersama Prabowo ada di peringkat sembilan. Begitu juga dua politisi pendukung Prabowo yakni @fadlizon dan @fahrihamzah masuk dalam daftar 10 besar di peringkat enam dan delapan.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...