Jokowi Dorong Startup Nasional Ekspansi ke Luar Negeri

Desy Setyowati
7 Desember 2018, 13:14
Go-Jek Vietnam, Go-Viet
Facebook/Go-Viet
Pengemudi Go-Viet, yang merupakan jelmaan Go-Jek di Vietnam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memandang potensi startup di Indonesia untuk tumbuh sangatlah besar. Namun, ia berharap startup Nasional punya visi untuk ekspansi atau memperluas pasar ke luar negeri.

Ia memberi contoh penyedia layanan on-demand, Go-Jek yang sukses berekspansi. Tahun ini, Go-Jek resmi hadir di Thailand dan Vietnam dengan nama GET dan Go-Viet. Terakhir, Go-Jek juga mulai uji coba aplikasi di kampung halaman pesaingnya, Grab, di Singapura. Selanjutnya, Go-Jek bakal merambah Filipina.

(Baca juga: Jempol Jokowi untuk Go-Jek di Vietnam)

Indonesia sendiri sudah memiliki empat unicorn yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. "Saya mau lebih banyak unicorn yang lahir di Indonesia untuk ekspor teknologi ke negara lain," kata dia saat membuka acara Digital Start Up Connect 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/12).

Adapun unicorn adalah sebutan bagi startup yang bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar. Di ASEAN, terdapat tujuh unicorn, dan empat di antaranya lahir di Indonesia.  "Semoga ada lagi yang menyusul keempat startup tadi menjadi unicorn," kata Jokowi.

Ia mencatat, pertumbuhan startup digital sangat pesat. Berdasarkan catatannya, ekonomi digital berkontribusi 7,3% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2017. Menurut Jokowi, capaian ini baik mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya 5,1% tahun lalu.

Tahun ini, kontribusi ekonomi digital diproyeksi naik menjadi 8,5% terhadap PDB Indonesia. "Alhamdulillah, ini kemajuan sociopreneuer Indonesia yang luar biasa," kata dia. Sejalan dengan hal itu, ia optimistis perkembangan startup digital berdampak positif juga ke perekonomian rakyat atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...