Pinjam.co.id Rilis Fitur Tukar Tambah Pembelian Ponsel

Desy Setyowati
7 Desember 2018, 15:31
Ponsel
Donang Wahyu|KATADATA

Ponsel pintar (smartphone) sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Menyadari besarnya potensi pasar smartphone di Tanah Air dan keinginan milenial untuk selalu memperbarui perangkatnya, perusahaan pegadaian online  Pinjam.co.id  merilis platform khusus bernama TukarTambah.id.

"Misalnya, ponsel lama mau diganti dengan model terbaru bisa melalui TukarTambah.id," kata Digital Marketing Manager Pinjam.co.id Garciano Arnold kepada Katadata.co.id di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/12).

Pinjam.co.id meluncurkan situs TukarTambah.id pada awal 2018. Namun, aplikasinya baru dirilis akhir November 2018 lalu di Google Play Store. Alasannya, Garciano melihat pasar TukarTambah.id adalah masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

TukarTambah.id menawarkan tiga skema, yakni Tukar Cicil, Cicil Aja, dan Tukar Tunai. Konsumen bisa menukarkan ponselnya ke TukarTambah.id, dan ponsel tersebut bakal menjadi uang muka (down payment/DP).

Caranya, konsumen bisa mengunduh aplikasi TukarTambah.id. Di dalam aplikasi tersebut terdapat teknologi untuk mengecek kondisi perangkat lunak (software) ponsel yang bakal dijadikan uang muka.

(Baca juga: Capai 86% Target, Akseleran Salurkan Kredit Rp 173 Miliar)

Setelah itu, akan muncul taksiran harga dari ponsel yang bakal ditukar di aplikasi TukarTambah.id. Untuk bisa menjadi uang muka, nilai ponsel lama minimal 20% dari yang hendak dibeli.

Sedangkan melalui situs, ada fitur simulasi guna mengukur harga ponsel yang bakal dijadikan uang muka. "Taksiran akhirnya ditentukan saat tim antar (ponsel baru) datang ke lokasi konsumen, untuk mengecek kondisi fisik ponsel yang akan ditukarkan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...