Bahasa Milenial, Rahasia Sukses Sosialisasi Pajak di Twitter

Desy Setyowati
8 Desember 2018, 05:00
Gedung Dirjen Pajak
Arief Kamaludin | Katadata

Birokrat di Indonesia cenderung bicara dengan bahasa resmi dan kaku. Kebiasaan ini pun kerap terbawa saat mereka harus menjalankan sosialisasi di media sosial. Hanya sedikit akun resmi pemerintah yang berhasil keluar dari pakem ini.

Salah satu dari sedikit akun tersebut adalah @DitjenPajakRI yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan. Mengadopsi ‘Bahasa Milenial’ yang lebih ‘ringan’ sejak 2016, interaksi akun ini dengan wajib pajak di Twitter pun meningkat 50%.

Spesialis Media Sosial Direktorat Jenderal Pajak Farhan Nur Rahmat menyampaikan, instansinya sudah menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan wajib pajak sejak 2012. "Tapi saat itu belum ada timbal balik," ujarnya kepada Katadata, Rabu (5/12). Cuitan dikirim, tapi tak ada yang menanggapinya.

Tren receh 'Om Telolet Om' membuat jajaran pimpinan Direktorat Jenderal Pajak sepakat bahwa tidak ada standar baku dalam penggunaan media sosial. Terlebih, mayoritas pegawai media sosial instansi ini kelahiran lebih dari 1980-an. Mereka pun dioptimalkan untuk menyesuaikan diri dengan wajib pajak saat ini.

Salah satu kesuksesan @DitjenPajakRI yang cukup menyita perhatian milenial adalah ketika mengingatkan artis Raffi Ahmad untuk membayar pajak mobil mewahnya. Kejadian ini berawal saat Raditya Dika mengunggah foto dirinya, Raffi dan mobil mewah merek Koenigsegg pada 5 Agustus 2017.

(Baca juga: Sri Mulyani Pertimbangkan Pangkas Pajak Penghasilan untuk Tarik Emiten)

Tak lama berselang, akun twitter Ditjen Pajak @DitjenPajakRI mengomentari foto tersebut. “Tolong bilangin ke Kak Raffi, jika ada penambahan harta di tahun berjalan, jangan lupa dilaporkan di SPT tahunan ya Kak @radityadika,” demikian isi cuitan Ditjen Pajak.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...