Bos Go-Jek Nadiem Makarim Termasuk 50 Tokoh Bisnis Berpengaruh Dunia

Desy Setyowati
10 Desember 2018, 14:51
CEO Go-Jek Nadiem Makarim.
Arief Kamaludin | Katadata
CEO Go-Jek Nadiem Makarim.

CEO dan Pendiri Gojek Nadiem Makarim masuk daftar penghargaan dari The Bloomberg 50 2018. Nadiem termasuk dalam 50 tokoh yang mengubah lanskap bisnis global.

Nadiem menjadi satu-satunya orang Indonesia, dan salah satu dari dua pemimpin bisnis asal Asia Tenggara yang masuk ke dalam daftar tersebut. "Sebagai perusahaan, kami merasa terhormat menerima penghargaan ini," kata Nadiem dalam siaran persnya , Senin (10/12).

Advertisement

Beberapa pemimpin bisnis seperti Jeff Bezos dari Amazon, Elon Musk dari Tesla, dan Martin Lau dari Tencent pun masuk daftar tahun ini. Daftar The Bloomberg 50 mewakili para pemimpin bisnis yang paling berpengaruh di berbagai industri mulai dari teknologi, keuangan, hingga hiburan dan politik, dengan pencapaian yang luar biasa pada 2018.

Dalam rilisnya, Bloomberg menyebut Gojek sebagai aplikasi super yang berbasis di Indonesia baru saja memperoleh investasi sebesar US$ 1,5 miliar pada Januari lalu dan sedang bersaing dengan Grab yang berbasis di Singapura.

(Baca juga: Jokowi Dorong Startup Nasional Ekspansi ke Luar Negeri)

Aplikasi Gojek disebut sebagai super app karena telah menyediakan berbagai layanan untuk keperluan sehari-hari seperti layanan transportasi, jasa pengiriman makanan, hingga menyediakan dompet digital.

“Tidak ada aplikasi lain yang telah mengubah kehidupan kota Indonesia dengan cepat seperti Gojek. Di mana Nadiem Makarim, seorang lulusan Harvard Business School, mengembangkan aplikasi yang pada 2015 fokus pada pemesanan ojek menjadi aplikasi untuk membayar tagihan, memesan makan siang, hingga menjadwalkan pembersihan rumah,” tulis Bloomberg.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement