Data 50 Juta Pengguna Bocor, Google+ Ditutup Lebih Cepat

Pingit Aria
11 Desember 2018, 09:34
Google Talks
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Google kembali menemukan masalah keamanan di layanan jejaring sosial mereka, Google+. Bug atau celah keamanan baru ini membocorkan data 52,5 juta pengguna Google+. Jumlah tersebut jauh lebih besar ketimbang kebocoran data sekitar 500 ribu pengguna yang diumumkan pada Oktober 2018 lalu.

Temuan baru ini membuat Google mempercepat rencana penutupan Google+ dari Agustus 2019 menjadi April 2019. Google juga menutup Application Programming Interface (API) Google Plus dalam waktu 90 hari ke depan.

Beberapa data pengguna yang mungkin bocor termasuk nama, alamat email, pekerjaan, jenis kelamin, ulang tahun, status hubungan, dan usia. Kebocoran bisa terjadi, bahkan jika akun pengguna dalam mode private.

(Baca juga: 4 Produk Gagal Google Selain Google+)

Ada sekitar 438 pengembang aplikasi yang terhubung dengan Google+ yang dapat mengakses data tersebut, namun mereka tak menyadarinya. Perusahaan induk Google pun baru menemukan bug baru ini awal November 2018.

Dalam waktu enam hari, tepatnya 7 November hingga 13 November, perusahaan telah menutup celah tersebut. “Tidak ada pihak ketiga yang mengakses data tersebut," demikian dikutip dari pernyataan Google, Senin (10/12).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...