Tahun Politik, Pemerintah Percepat Pencairan Bantuan Sosial

Michael Reily
11 Desember 2018, 19:51
ATM beras miskin
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Warga mengambil beras menggunakan kartu ATM beras pada mesin ATM beras untuk warga miskin di Trenggalek, Jawa Timur, Senin (20/2/2017).

Pemerintah mempercepat pencairan bantuan sosial pada 2019 mendatang. Meski bertepatan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres), Menteri Sosial Agus Gumiwang menyatakan bahwa tak ada muatan politik dalam keputusan tersebut.

"Ini upaya pemerintah melakukan percepatan untuk mengurangi kemiskinan," kata Agus di Jakarta, Selasa (11/12).

Advertisement

Ada dua bentuk bantuan yang penyalurannya akan dipercepat tahun depan. Yang pertama adalah penyaluran dana untuk 10 juta keluarga dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Tahun depan, pencairan melalui empat tahap bakal dimulai pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Sementara dana untuk PKH tahun ini disalurkan pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Agus menyatakan anggaran untuk PKH tahun depan mencapai Rp 38 triliun. Jumlah itu meningkat dari Rp 19 triliun tahun ini. Dia menyebutkan, skema penyaluran dana PKH bakal lebih variatif sesuai kondisi kebutuhan setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

(Baca juga: Pemerintah Uji Coba Penyaluran Kredit Ultra-Mikro Lewat Sistem Digital)

Bantuan tetap sebesar Rp 550 ribu per keluarga bakal bertambah jika ibu sedang hamil, memiliki bayi, serta anak yang masih sekolah. Tambahan juga diberikan jika ada lansia (lansia) dalam keluarga. Dengan begitu, jumlah bantuan tiap keluarga menjadi sebesar Rp 1,5 juta sampai Rp 3,6 juta.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement