Terus Merosot, Peluang Kenaikan Harga Bitcoin Tergantung Pasar

Dini Hariyanti
11 Desember 2018, 21:10
Bitcoin
Flickr.com

Harga bitcoin menyentuh level US$ 3.415 atau setara Rp 49,93 juta per Selasa (11/12). Mengutip situs coinmarketcap diketahui bahwa nilai ini merosot lebih dari 50% dibandingkan dengan US$ 14.112 pada Januari 2018.

CEO Indodax Oscar Darwaman mengatakan, pergerakan harga mata uang digital seperti bitcoin seluruhnya bergantung kepada mekanisme pasar. "Yang naik, pasti akan koreksi turun. Pasar yang tentukan akan naik lagi atau tidak," ujarnya, di Jakarta, Selasa (11/12).

Para investor perlu jeli membaca pergerakan pasar. Ketika muncul sentimen positif, imbuh Oscar, lazimnya menjadi saat tepat untuk menjual. Sebaliknya, tatkala ada keresahan atau sentimen negatif sehingga harga turun maka sebaiknya membeli.

(Baca juga: Tanpa Kepastian Hukum, Nilai Bitcoin Merosot 50% dari Tahun Lalu

Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital menggunakan teknologi blockchain. Menurut Oscar, teknologi yang baru hadir selama sepuluh tahun atau kurang, akan terus mengalami fluktuasi di dalam perkembangannya.

"Bitcoin dan mata uang digital lain-lain itu masih dalam perkembangan sepuluh tahun awal. Teknologi itu kalau baru sepuluh tahun belum bergerak kemana-mana. Tapi, kami yakin tahun-tahun ke depan itu prospektif," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...