Sandiaga Punya Resep Pendanaan Infrastruktur Dasar Tanpa Utang

Dimas Jarot Bayu
12 Desember 2018, 20:03
Sandiaga
ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah
Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Calon wakil presiden nomor 02 Sandiaga Uno bakal memanfaatkan skema pembayaran atas ketersediaan layanan (availability payment) untuk pembangunan infrastruktur dasar. Skema pembiayaan ini menjadi salah satu alternatif yang ditawarkan Sandiaga dan Prabowo Subianto untuk merealisasikan janji membangun infrastruktur tanpa utang.

Menurut Sandiaga, skema availability payment jauh lebih murah untuk diterapkan pada pembangunan infrastruktur dasar. Skema pendanaan ini pun bakal lebih kompetitif untuk diterapkan kepada swasta.

Dengan demikian, swasta bakal tertarik untuk menggarap proyek infrastruktur dasar yang diinisiasi pemerintah. "Ini kami harapkan bisa kami dorong ke depan," kata Sandiaga, di kawasan Kembangan, Jakarta, Rabu (12/12).

Melalui skema availability payment, pihak swasta nantinya akan diminta membangun utuh konstruksi proyek infrastruktur. Pemerintah akan membayar biaya pembangunan konstruksi dengan cara mencicil selama masa konsesi sesuai syarat dan ketentuan perjanjian.

Komponen biaya yang dapat dibayarkan adalah biaya modal, biaya operasional, dan keuntungan wajar yang diinginkan pihak swasta. Nantinya, investor mendapat jaminan perlindungan risiko permintaan (demand risk) oleh pemerintah.

Pada proyek infrastruktur lainnya, Sandiaga akan menerapkan skema Kemitraan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Menurutnya, skema KPBU saat ini sudah dijalankan pemerintahan Joko Widodo.

Hanya saja, skema KPBU belum dijalankan secara optimal. Hal tersebut yang membuat pihak swasta minim partisipasi dalam pembangunan infrastruktur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...