Kadin Ungkap Peran Penting dan Masa Depan Bisnis Batu Bara

Image title
18 Desember 2018, 18:38
Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengungkap peran penting batu bara di Indonesia. Tidak hanya sebagai sumber penerimaan negara, tapi ada efek lainnya dari tambang batu bara.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Sumber Daya Mineral Batubara dan Listrik Garibaldi Thohir mengatakan sektor mineral dan batu bara menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 40,6 triliun. Padahal, menurut data Kementerian Keuangan, PNBP secara keseluruhan hingga September 2018 mencapai Rp 281,4 triliun.

Proyek batu bara di Indonesia juga memiliki efek domino terhadap penciptaan lapangan kerja dan industri penunjang tambang lainnya. “Selama ini batubara memegang kontribusi penting dalam pembangunana nasional,” kata Garibaldi di Jakarta, Selasa (18/12).

Meski begitu, usaha tambang harus tetap mengikuti rambu-rambu atau aturan dari pemerintah. Penerapan standar manajemen lingkungan dalam pengembangan batu bara harus dijaga ketat.

Saat ini, sudah ada teknologi super critical dan ultra critical untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Ini bisa mengurangi dampak emisi dan menghemat bahan bakar. “Walaupun batu bara Indonesia masih menggunakan thermal, tapi teknologi pemanfaatanya harus dikembangkan untuk menekan dampak lingkungan,” ujar pria yang akrab disapa Boy Thohir.

Menurut Boy, prospek bisnis batu bara ke depan juga masih positif, meski saat ini ada fluktuasi harga akibat kebijakan pengetatan impor dari pemerintah Tiongkok. Walaupun ada pengetatan pembangkit batu bara di Tiongkok masih mendominasi sebesar 58%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...