Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Digunakan, Lampung Makin Maju

Hari Widowati
18 Desember 2018, 16:46
Jokowi Resmikan Tol Palindra
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi meresmikan tol Palembang - Indralaya seksi I, yang merupakan bagian dari Trans Sumatera, Kamis (12/10)

Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 Desember 2018. Keberadaan tol ini dinilai akan mendorong perekonomian dan membuka peluang investasi di sektor industri maupun pariwisata Lampung.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan, JTTS Bakauheni-Terbanggi Besar akan memudahkan akses masyarakat dan perekonomian Lampung akan tumbuh pesat karena JTTS menjadi tulang punggung sistem logistik nasional. JTTS terkoneksi dengan Bandara Radin Inten II Lampung dan Dermaga Eksekutif Bakauheni-Merak. Alhasil, kunjungan wisatawan ke Lampung juga diprediksi bakal meningkat.

"Untuk menarik minat wisatawan ke Lampung, berbagai sarana dan prasarananya tetap dibangun. Pemerintah daerah juga membenahi usaha kepariwisataan dengan menyajikan festival budaya dan pertunjukan lainnya," kata Ridho seperti dikutip Antara. Bandara Radin Inten II Lampung tengah dikembangkan menjadi bandara internasional sedangkan Lapangan Udara Angkatan Darat Gatot Subroto akan menjadi bandara komersial, untuk menopang minat wisatawan ke Lampung.

Ridho dan Wakil Gubernur Bachtiar Basri mengecek kesiapan JTTS Bakauheni-Terbanggi Besar dengan melakukan konvoi bersama Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto dan jajaran Polda Lampung, Sabtu lalu. Mereka melintas melalui Gerbang Tol Lematang hingga ruas Tol Bakauheni lalu kembali melalui Gerbang Tol Kota Baru. Setelah melakukan pengecekan, Gubernur memastikan ruas tol tersebut siap digunakan.

(Baca: Terima Dana Proyek Tol Sumatera Rp 1,9 T, Waskita Bisa Tutup Kas Minus)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...