Eni  Temukan Cadangan Gas Baru di Merakes East

Anggita Rezki Amelia
20 Desember 2018, 10:48
Rig
Katadata

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, Eni berhasil menemukan cadangan gas baru di Merakes East yang merupakan bagian dari Blok East Sepinggan Kalimantan Timur. Penemuan ini setelah melakukan pengeboran sumur eksplorasi di area tersebut.

Merakes East terletak 33 kilometer (km) arah tenggara dari Lapangan Jangkrik yang juga dioperasikan Eni. Selain itu, hanya 3 km di timur Lapangan Merakes.

Pengeboran sumur dilakukan hingga kedalaman 3.400 meter (measured depth/MD) di kedalaman air 1.592 meter. Dalam pengeboran itu dijumpai 15 meter gas bantalan pasir bersih dalam dua tingkat yang berbeda.   

Dari hasil uji produksi, tercatat proses pengiriman gas yang sangat baik dari reservoir. Namun, Eni akan mengumpulkan seluruh data studi terlebih dulu sebelum menyusun rencana pengembangan lapangan.  

Analisis data uji menunjukkan bahwa dalam konfigurasi sumur dapat menghasilkan 70 juta kaki kubik per hari (MMscfd) gas. Selain itu ada 1.000 barel per hari (bph) kondensat.

Eni berencana mengintegrasikan infrastruktur Merakes East dengan Lapangan Merakes. Ini karena lokasinya yang berdekatan. Lapangan Merakes sudah mendapatkan persetujuan rencana investasi dari pemerintah beberapa waktu lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...