Eksperimen Mi Samyang Jadi Tontonan Terpopuler di Tiga Vlog Kuliner

Dini Hariyanti
20 Desember 2018, 18:04
Mie Samyang Korea
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Blog video (vlog) yang mengeksplorasi makanan pedas ekstrim menyedot penonton Youtube terbanyak di Indonesia. Buktinya, salah satu tayangan terpopuler di saluran kuliner Ria SW, Mgdalenaf, dan Tanboy Kun pasti soal mi Samyang.

Tiga channel Youtube itu termasuk vlog kuliner lokal paling terkenal berdasarkan jumlah pengikut (subscriber). Saluran Ria SW diikuti lebih dari 1,9 juta orang, Tanboy Kun punya 1,7 juta pengikut, sedangkan Mgdalenaf yang khusus mengulas makanan ekstra pedas memiliki 756.000 subscriber.

(Baca juga: Tren Kuliner 2019, Orisinalitas Menu Jadi Orientasi Utama Konsumen)

Vlog kuliner berjudul "Samyang Original & Cheese" menjadi salah satu tayangan paling banyak disaksikan di saluran Ria SW. Youtube mencatat nyaris 8,5 juta orang menonton blog video ini.

Food Vlogger Ria Sukma Wijaya menayangkan aktivitas makan mi instan Samyang asal Korea Selatan. Di dalam video makan daringnya (mukbang), perempuan yang pernah bekerja di stasiun televisi ini membandingkan Samyang rasa pedas orisinil dan pedas keju.

Ria memperlihatkan proses sejak mi Samyang hendak dibeli. Adegan selanjutnya adalah tahap memasak dan penyajian, barulah sesi makan. Samyang pedas orisinil dicicip lebih dulu baru kemudian mi rasa pedas keju.

"Kebiasaan jelek aku adalah setiap kali habis makan Samyang, banyak banget sisanya (bumbu) lalu biasanya aku jilati (piring)," katanya pada salah satu adegan vlog tersebut sembari tertawa. (Baca juga: Cara Vlogger Kuliner Atur Pola Makan)

Apabila Ria SW memasak Samyang sendiri maka saluran Mgdalenaf menikmati dengan cara berbeda. Vlog spesialis kuliner ekstra pedas ini mendatangi salah satu tempat makan yang menyediakan sajian mi Samyang.

Blog video berjudul "Nyari Mati! Indomie 200 Cabe + Seblak Samyang" disaksikan 6,3 juta penonton. Sesuai judul, Food Vlogger Magdalena menayangkan aktivitas menyantap menu mi instan Indomie berbalut ulekan 200 cabai dan seblak Samyang.

"Ini makan cabai dengan mi ya, bukan mi dengan cabai. Kalau yang seblak Samyang gua belum pernah coba, biasanya seblak kerupuk. Samyang saja sudah enak, ini dijadikan seblak jadi dua kali lipat enak," kata Magdalena.

Seblak merupakan masakan khas Bandung, Jawa Barat. Menu orisinilnya memadukan kerupuk dan telur, disajikan berkuah kental dengan bumbu tertentu. Kini terdapat berbagai variasi, seperti seblak ceker dan seblak mi.

(Baca juga: Cermat Melihat Kekurangan, Pebisnis Kuliner Akui Butuh Bimbingan Ahli)

Vlog mi Samyang yang lebih populer ada di saluran Tanboy Kun dengan judul "Tragis!!! Mukbang 7 Packs Samyang Mala Super Pedas | 28x Lebih Pedas". Penontonnya mencapai 10,5 juta orang.

Food Vlogger Bara Ilham Bakti Perkasa menyantap mi instan Korea tersebut dengan cara lain. Dia tak membandingkan antarvarian rasa atau mengulas menu olahan Samyang. Pria ini menunjukkan aktivitas makan Samyang dengan tingkat pedas ekstrim, 28 kali lipat lebih pedas.

Tujuh bungkus Samyang Mala diaduk bersama. Bara menambahkan taburan makaroni goreng rasa keju di atasnya. "Ini mi pedas rekomendasi buat kalian yang sering komentar kalau Samyang itu enggak pedas. Cobaan hidup nih," ujarnya.

Samyang merupakan merek mi instan asal Korea Selatan yang diproduksi Samyang Foods, Inc. Perusahaan ini membuat mi ramen ala Korea pertama pada 1963. (Baca juga: Korea Selatan Akan Berinvestasi Rp 81,7 Triliun di Indonesia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...