Pemerintah Gratiskan Tarif 4 Ruas Tol Baru Jatim hingga Januari 2019

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Hari Widowati

20/12/2018, 13.32 WIB

Rute Ngawi-Surabaya yang semula ditempuh sekitar 5 jam bisa dipersingkat menjadi dua jam jika melalui jalan tol.

Tol Trans Jawa
Kementerian PUPR
Tol Trans Jawa

Pemerintah menggratiskan tarif untuk empat ruas tol baru Trans Jawa yang beroperasi di wilayah Jawa Timur (Jatim). Keberadaan ruas tol baru yang menghubungkan Ngawi hingga Surabaya ini diharapkan bisa mempercepat perjalanan masyarakat, menurunkan biaya logistik, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (20/12) pagi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa, yakni ruas tol Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar, rekolasi tol Porong-Gempol, serta Pasuruan-Grati. Peresmian dilangsungkan di kilometer 671, Simpang Susun Bandar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Keempat ruas tol tersebut total memiliki panjang 59 kilometer. "Sesuai keputusan dan perintah Bapak Presiden, kami usulkan 4 ruas tol ini bertarif nol (rupiah) sampai Januari 2019," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di lokasi, Jombang, Kamis (20/12). Dalam peresmian tersebut Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, hingga Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Usai meresmikan keempat tol tersebut, Jokowi berharap, keberadaan tol Jawa Timur yang tersambung Ngawi hingga Surabaya ini memberi alternatif perjalanan cepat kepada masyarakat. "Kami juga ingin infrastruktur ini memiliki manfaat, lebih mudah, murah, cepat, dan masyarakat memiliki alternatif," kata Jokowi. Kini, Ngawi-Surabaya dapat ditempuh dalam waktu dua jam jika lewat jalan tol. Sebelumnya, butuh waktu sekitar 5 jam dari Ngawi ke Surabaya maupun sebaliknya.

Menurutnya, industri di Kabupaten Ngawi mulai menerima investasi baru dan permintaan lahan industri mencapai 200 hektare (ha). Di Caruban, Kabupaten Madiun juga ada permintaan lahan 400 ha dan di Nganjuk 200 ha. "Kalau ada investasi, artinya membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya sehingga integrasi antara jalan tol dengan KEK dan kawasan industri sangat penting, sangat efisien," ujarnya.

(Baca: 5 Ruas Tol Trans Jawa Milik Jasa Marga dan Waskita Siap Dioperasikan)

Jokowi juga memastikan dengan beroperasinya tujuh ruas tol baru Trans Jawa membuat rute Jakarta-Surabaya telah terhubung jalan tol. Mantan Walikota Solo ini menyebut total panjang tol yang menghubungkan kedua kota itu mencapai 741 kilometer. "Dan bisa dilalui kendaraan besar," ujarnya.

Perjalanan Jokowi belum berakhir di Jombang. Dia lalu bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke arah Jawa Tengah untuk meresmikan tiga ruas tol lainnya, yakni Batang-Semarang, Pemalang-Batang, dan Salatiga-Kartasura. Bukan hanya berhenti Semarang, Jokowi akan menjajal jalan tol tersebut dengan bus hingga ke Jembatan Kali Kuto di perbatasan Kabupaten Batang dan Kendal. "Kami akan coba naik bus sepanjang 341 kilometer menuju Jembatan Kalikuto," ujarnya.

(Baca: Jokowi Jajal Tol Surabaya - Semarang Gunakan Bus)

Reporter: Ameidyo Daud

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha