Inalum Sah Kuasai 51,2% Saham Freeport, Jokowi: Ini Momen Bersejarah

Ameidyo Daud Nasution
21 Desember 2018, 16:59
Jokowi Freeport
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (tengah) berjabat tangan dengan CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson (kedua kanan) disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri), Menteri ESDM Ignasius Jonan (kedua kiri) dan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin seusai memberikan keterangan terkait pelunasan divestasi PT Freeport Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (21/12/2018). Presiden mengumumkan pelunasan divestasi PT Freeport Indonesia dengan membayarkan 3,85 miliar dolar AS atau sekitar

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akhirnya melunasi pembayaran divestasi saham PT Freeport Indonesia. Dengan begitu, maka 51,2% saham perusahaan asal Amerika Serikat itu beralih ke Inalum.

Peralihan saham itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Hadir dalam pengumuman ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson

Presiden Jokowi Widodo mengatakan ini merupakan momen bersejarah karena sejak Freeport beroperasi 1973, baru kali ini Indonesia memiliki saham lebih dari 50%. “Saya baru saja menerima laporan dari seluruh menteri terkait, Direktur Utama Inalum dan CEO Freeport McMoran, disampaikan bahwa 51,2% saham PT Freeport Indonesia  sudah beralih ke Inalum dan lunas dibayar,” kata dia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (21/12).

Jokowi juga memastikan masalah lingkungan dan permasalahan mengenai pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) sudah selesai. Sehingga, Inalum tinggal bekerja sama dengan Freeport.

Jokowi berharap kepemilikan mayoritas itu bisa bermanfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Pendapatan baik dari pajak atau nonpajak, dan royalti pun diharapkan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Tak hanya Inalum, pemerintah daerah pun mendapatkan 10% saham PT Freeport Indonesia. Harapannya, itu bisa berdampak bagi perekonomian pemerintah daerah. “Tentu saja Papua juga akan mendapat pajak daerah,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...