Sri Mulyani Berharap Realisasi Belanja Negara Capai 95% dari Target

Rizky Alika
22 Desember 2018, 14:09
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Tahun anggaran 2018 segera berakhir. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai kinerja pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) membaik. Ia berharap realisasi belanja negara bisa setinggi pencapaian tahun lalu yakni 95,8% dari target.

“Kami harap (realisasi belanja) baik mendekati tahun lalu bahkan sampai 95,8%,” kata dia saat meninjau pencairan anggaran di Direktorat Jenderal Perbendaraan Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (21/12). Menurut dia, pencairan anggaran telah mencapai 91,14% dari target Rp 2.220,66 triliun per 21 Desember 2018.

Ia pun menilai kinerja pelaksanaan anggaran membaik. Revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) turun drastis dari mencapai 52.072 revisi pada 2017 menjadi 7.245 revisi sepanjang tahun ini hingga akhir September lalu. Tidak adanya revisi APBN dianggap telah membantu keseluruhan satuan kerja untuk melaksanakan anggaran sesuai rencana.

(Baca juga: Dampak Rupiah Melemah: Bunga Utang dan Subsidi Bengkak Rp 46 Triliun)

Penggunaan anggaran juga dinilai lebih tertib yang tercermin dari penurunan uang persediaan. “Uang persediaan kalau 2017 outstanding-nya Rp 15,12 triliun, tahun ini menurun separuhnya (menjadi) Rp 8,6 triliun,” ujarnya.

Sementara itu, ketertiban penyelesaian tagihan Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS) membaik menjadi 90,16% dari tahun lalu 86%. Dispensasi SPM karena dokumen yang belum lengkap juga menurun. “Dispensasi SPM artinya di mana hari harusnya sudah melakukan pencairan namun dokumen belum lengkap, kami berikan dispensasi,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...