5 Alasan Pendiri PAN Desak Amien Rais Mundur

Image title
Oleh Antara
26 Desember 2018, 12:24
Prabowo dan Amien Rais
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Prabowo Subianto bersama Amien Rais (kanan) usai memberikan keterangan pers mengenai penganiayaan Ratna Sarumpaet, di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (2/10).

Para pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) meminta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengundurkan diri dari kepengurusan partai. Pernyataan ini disampaikan dalam bentuk surat mengatasnamakan lima pendiri PAN yakni Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, dan Zumrotin.

"Kami sebagai bagian dari penggagas dan pendiri PAN merasa bertanggung jawab dan berkewajiban membuat pernyataan bersama," bunyi surat yang beredar Rabu (26/12).

Kelima pendiri PAN mengemukakan lima alasan pengunduran diri Amien Rais. Alasan tersebut yakni: pertama, Amien dianggap semakin eksklusif dan tidak menumbuhkan kerukunan bangsa dalam berbagai pernyataan dan sikap politik.

(Baca juga: Amien Rais Batal Lapor Kasus di KPK Usai Diperiksa Polisi)

Kedua, sebagai tokoh reformasi Amien dianggap bersimpati, mendukung, dan bergabung dengan politisi yang beraspirasi mengembalikan kekuatan Orde Baru ke kancah politik Indonesia.

Padahal, pendiri mendirikan PAN sebagai partai reformasi. "Yang menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan menegakkan demokrasi setelah 32 tahun di bawah kekuasaan absolut orde baru yang korup dan otoriter," bunyi pernyataan para pendiri.

Ketiga, Amien telah menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencapai tujuan meraih kekuasaan.

(Baca juga: Koalisi Partai yang Beragam Lebih Sukses Memenangkan Pemilu)

Keempat, Amien sebagai ilmuwan ilmu politik telah gagal mencerdaskan bangsa dengan ikut mengeruhkan suasana dalam negeri dalam menyebarkan berita yang jauh dari kebenaran tentang kebangkitan PKI di Indonesia.

Kelima, menurut mereka, Amien sebagai orang yang berada di luar struktur utama PAN terkesan berat menyerahkan kepemimpinan PAN kepada generasi berikutnya dengan terus menerus melakukan manuver politik yang destruktif bagi masa depan partai.

Hingga kini, Amien Rais ataupun tokoh PAN lainnya belum memberikan pernyataan atas surat permintaan para pendiri partai ini.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...