Amien Rais Batal Lapor Kasus di KPK Usai Diperiksa Polisi

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Yuliawati

Rabu 10/10/2018, 19.57 WIB

Usai diperiksa, Amien memuji para penyidik yang memberikan perlakuan yang baik kepada dirinya.

Amien Rais
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais bersiap menjalani pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Ketua Dewan Kehormatan PAN  Amien Rais batal mengungkapkan fakta kasus korupsi yang mengendap di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai pemeriksaannya di Polda Metro Jaya. Setelah menjalani pemeriksaan terkait kasus hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet, Amien mengatakan merasa dihormati dan dimuliakan penyidik.

Kuasa hukum Amien, Ardy Mbalembout mengatakan, informasi batal diberikan Amien karena berbeda konteks dengan pemeriksaannya. Ardy menyatakan kemungkinan Amien menyampaikan langsung ke KPK.

"Kita lihat saja nanti di KPK," kata Ardy di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10).  (Baca juga: Tiga Ribu Polisi Bersiaga Selama Pemeriksaan Amien Rais)

Sebelum pemeriksaan di kepolisian, Amien sempat menyatakan akan membeberkan fakta kasus korupsi yang sudah mengendap lama di KPK. Terkait kasus tersebut, Amien bahkan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Hanya saja, Amien tidak menyampaikan alasan terkait permintaannya mencopot Tito. "Alasannya ini pelajari sendiri," kata Amien.

(Baca juga: Tokoh Lain Bakal Terseret Kebohongan Ratna Sarumpaet).

Amien menjalani pemeriksaan di kepolisian selama enam jam yang berakhir pukul 16.05 WIB. Usai diperiksa, Amien memuji para penyidik yang mengajukan pertanyaan secara langsung dan lancar.

Menurut Amien, setengah dari waktu pemeriksaan tersebut dihabiskannya untuk makan, salat dan berdiskusi hal lain di luar pokok perkara. Amien mengatakan, dia ditawari makan siang berupa nasi gudeg dan ayam kampung oleh para penyidik.

"Jadi betul-betul suasana akrab penuh tawa, penuh dan lain-lain," kata Amien.

 (Baca pula: Prabowo Dilaporkan Soal Kebohongan Ratna, Gerindra Minta Bawaslu Adil).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha