Terkendala Masalah Lahan, Target Peresmian KEK Maloy Batuta Tertunda

Rizky Alika
27 Desember 2018, 18:17
Kawasan Ekonomi Khusus
Katadata

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) masih terkendala sertifikasi lahan. Dengan adanya ganjalan ini, peresmian KEK Maloy batuta yang sedianya ditargetkan bisa diresmikan tahun ini, otomatis mundur menjadi awal tahun depan. 

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan pada prinsipnya, mengenai lahan sebetulnya tidak ada masalah. Hanya sertifikasi lahan belum sepenuhnya diterbitkan oleh pemerintah pusat.

"(Sertifikasi lahan) tergantung BPN (Badan Pertanahan Nasional). BPN tadi jawabannya nanti secepatnya. Kalau kami, persyaratan sudah semua," kata dia usai menghadiri rapat koordinasi KEK di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (27/12).

(Baca: KEK Tanjung Lesung Terkena Tsunami, Perbaikan Tanggung Jawab Pengelola)

Dengan sertifkat lahan yang belum terbit, beberapa investor yang semula tertarik dengan kawasan ini,  menurutnya menimbang ulang  rencana investasinya karena belum ada kejelasan status lahan. Investor baru akan berminat apabila sudah ada sertifikasi oleh pemerintah pusat.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto meyakini  sertifikasi lahan akan selesai pada awal Januari 2019. "Gubernurnya, Bupati dan BPN sepakat bahwa bulan Januari diselesaikan semua," ujarnya.

Investasi

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...