Ira Koesno Akan Jadi Moderator Debat Pertama Capres-Cawapres 2019

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Hari Widowati

28/12/2018, 19.59 WIB

Ira Koesno pernah menjadi moderator dalam debat calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta pada 2017.

Prabowo Debat Capres
Arief Kamaludin | Katadata
Prabowo Subianto dalam debat calon presiden di Pemilu 2014.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama tim dari pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan 02 menyepakati Ira Koesno dan Imam Priyono sebagai moderator debat capres pertama. Kedua moderator tersebut diseleksi dari sejumlah nama yang diajukan ke KPU.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Arief Budiman saat menggelar konferensi pers bersama perwakilan paslon di KPU, Jakarta, Jumat (28/12). Hadir pula Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf, yakni Aria Bima serta Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yaitu Priyo Budi Santoso.

Arief mengatakan, pilihan Ira dan Imam sebagai moderator ini merupakan kesepakatan bersama. Namun lantaran baru diputuskan, kedua calon moderator tersebut masih belum dihubungi KPU.

"Mudah-mudahan beliau berdua bersedia atau kalau tidak harus rapat lagi kami (memutuskan moderator)," kata Arief. Adapun debat pertama akan digelar pada 17 Januari 2019.

Selain moderator, KPU dan tim paslon juga sepakat pemaparan visi dan misi capres-cawapres akan diputuskan pada 2 Januari 2019. Hal lainnya adalah terkait jadwal debat kelima yang akan dibahas setelah evaluasi debat pertama usai.

(Baca: KPU akan Gelar Debat Capres-Cawapres Lima Kali )

Kedua perwakilan tim paslon juga terlihat puas dengan pemilihan moderator debat tersebut. Aria mengatakan, baik Ira maupun Imam bisa diterima paslon urut 01 dan 02 dari beberapa nama calon lainnya yang diusulkan untuk memandu jalannya debat. "Sama-sama sesuai keinginan kami," kata Aria.

Sedangkan Priyo mengatakan, keputusan bersama ini sekaligus koreksi atas sejumlah pemberitaan bahwa ada nama-nama yang sudah diplot sebagai calon moderator. Dia juga mengakui dalam rapat tertutup terjadi sedikit perdebatan pembahasan moderator, pemaparan visi misi, hingga jadwal debat kelima. Namun, ketiga pihak dapat menemukan jalan keluar. "Termasuk moderator, untuk nama ini kami setuju dari berbagai nama hebat yang telah diinventarisir," kata Priyo.

Tema debat capres-cawapres yang pertama terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, hingga terorisme. Ira Koesno bukan pertama kali ini memandu debat. Mantan presenter SCTV tersebut pernah menjadi moderator dalam  debat calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta pada 2017. Adapun Imam Priyono merupakan wartawan TVRI.

(Baca: SBY Akan Jadi Mentor Debat Prabowo di Pilpres 2019)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha