Empat Tahun Berturut, IHSG Selalu Koreksi di Tahun Baru

Happy Fajrian
2 Januari 2019, 19:37
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Bursa Efek Indonesia mengadakan konferensi pers mengenai Pengumuman Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2018 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan (27/12). Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan dirinya optimis dengan pergantian tahun ini, meski tahun depan memasuki tahun politik. Justru tantangan terbesar datang dari faktor eksternal yang tak bisa dihindari.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) belum bisa terlepas dari kutukan yang membuat indeks selalu terkoreksi pada perdagangan perdana di tahun baru. Pada penutupan perdagangan hari ini, Rabu (2/1) IHSG melanjutkan tren tersebut dengan koreksi 0,22% ke posisi 6.181,18.

Menurut catatan Bursa Efek Indonesia, tahun baru 2016 IHSG ditutup dengan koreksi 1,46% pada perdagangan hari pertamanya. Pada tahun baru 2017, IHSG ditutup dengan koreksi 0,39%. Terakhir, pada tahun baru 2018, IHSG sempat dibuka di zona hijau namun ditutup terkoreksi 0,25%.

Advertisement

Sementara itu, transaksi saham di BEI hari ini relatif sepi. Nilai transaksi saham tercatat hanya mencapai Rp 7,48 triliun dari 15,26 miliar saham yang diperjualbelikan oleh investor. Sebanyak 157 saham yang naik sedikit menahan laju koreksi IHSG, 258 saham terkoreksi, dan 122 saham stagnan.

Dana asing kembali masuk ke Indonesia dengan investor asing membukukan pembelian bersih sebesar Rp 207,47 miliar. Kendati demikian, dorongan dari dana asing tersebut tidak mampu mengangkat kinerja IHSG ke zona hijau. Sama halnya dengan nilai tukar rupiah yang menguat terhadap seluruh mata uang utama dunia dan Asia yang tidak mampu mengangkat kinerja IHSG.

(Baca: Menko Darmin Yakin Inflasi 2018 Rendah Bukan Imbas Daya Beli Turun)

Rilis data inflasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan kenaikan inflasi bulanan pada bulan Desember 2018 tidak mampu memberi dorongan terhadap pergerakan indeks. Padahal kenaikan inflasi tersebut menunjukkan adanya peningkatan konsumsi masyarakat Indonesia di Desember.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement