Pertamina Mulai Bangun Fasilitas Gas di Jambaran Tiung Biru

Anggita Rezki Amelia
4 Januari 2019, 16:28
Groundbreaking Jambaran-Tiung Biru
SKK Migas

PT Pertamina EP Cepu (PEPC) membangun fasilitas gas atau Gas Processing Facisilty (GPF) proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) di  Blok Cepu, Jawa Timur.  Pemasangan tiang Perdana  Engineering Procurement Construction (EPC) GPF pada proyek pengembangan lapangan gas unitisasi Jambaran - Tiung Biru dilakukan pada Jumat, (4/1).

Pembangunan fasilitas ini menjadi salah satu dari bagian konstruksi proyek Jambaran Tiung Biru.  Proyek yang dikelola oleh PEPC ini merupakan  salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah ditetapkan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan  Samsu mengatakan pemasangan Perdana EPC GPF merupakan salah satu momentum penting dari proyek Jambaran Tiung Biru.  “Proyek EPC GPF berfungsi memproduksi gas dan kondensat dari Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru, " kata dia berdasarkan siaran pers,  Jumat (4/1).

Dharmawan mengatakan GPF yang  dibangun itu menggunakan teknologi, dan dirancang guna mendapatkan keandalan operasi dan ramah lingkungan untuk berproduksi selama 25 tahun. 

(Baca: Pertamina Lunasi Pengembalian Investasi BUMD di Jambaran Tiung Biru)

Nantinya, proyek ini  memproduksi gas dengan rata rata sebesar 315 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Proyek ini targetnya beroperasi komersial pada 2021 mendatang dengan gas yang  bisa dijual sebesar 192 mmscfd. 

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...