Empat Menu Terbanyak yang Dipesan Melalui Go-Food

Dini Hariyanti
7 Januari 2019, 19:40
Go-Food Festival
Go-Jek
Go-Food Festival

Go-Food mencatat ayam, nasi, kopi dan mi, serta gorengan sebagai kuliner terbanyak dipesan sepanjang 2018. Aneka menu ayam dibeli hampir 10 juta kali, paket nasi 3,5 juta kali, minuman olahan kopi dan mi 1,5 juta kali, sedangkan gorengan sekitar 1,2 juta kali.

Angka tersebut berasal dari transaksi yang dilakukan para pengguna baru Go-Food. Layanan pemesanan makanan dan minuman secara daring melalui aplikasi Go-Jek ini mengklaim new user naik 50% pada tahun lalu secara year on year (yoy).

Advertisement

"Kami ingin membiasakan konsumen (Go-Jek) bahwa inilah cara baru wisata kuliner. Bisa mengeksplorasi makanan-makanan terbaik di wilayah masing-masing," kata VP Marketing Go-Food Aristo Kristandyo, di Jakarta, Senin (7/1). (Baca juga: Pengalaman Konsumen, Kunci Pebisnis Kuliner Daring Gaet Pelanggan)

Tanpa menyebutkan angka persis, Go-Food menyatakan pemesanan terbanyak berlangsung pada jam makan malam mulai pukul 19.00. Kepadatan order saat periode jam makan siang justru berada pada urutan kedua.

Pertumbuhan transaksi via Go-Food tertinggi ada Sukabumi, Samarinda, Balikpapan, Padang, dan Cirebon. "Ini menunjukkan antusias konsumen di kota luar Jabodetabek ini," ujar Aristo. (Baca juga: Bisnis Kuliner di Luar Jakarta? Ini Saran Chicken Crush dan Burgreens

Go-Food mencatat makanan dan minuman yang dikirim kepada pelanggan melalui mitra pengemudi mencapai 500 juta sepanjang tahun lalu. Angka ini berasal dari aktivitas pesan antar di 167 kota/kabupaten yang dilayani Go-Jek.

Berdasarkan volume pemesanan terbanyak, Go-Food mendapatkan gambaran tren kuliner 2018. Terdapat empat karakter makanan dan minuman, yaitu aneka minuman olahan kopi, makanan bersensasi pedas, variasi bumbu telur asin, dan beragam menu manis.

Sementara itu, makanan dan minuman bertema kesehatan (healthy food) serta beragam jajanan unik diprediksi akan menjadi tren pada 2019. Asumsi ini merujuk kepada kata kunci terbanyak digunakan, seperti 'sayur', 'vegetarian', 'vegan', 'cheese tea', dan 'indonut'.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement