Transaksi Tokopedia Naik Empat Kali Lipat Selama 2018

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

7/1/2019, 10.14 WIB

Semakin banyak konsumen Tokopedia yang memilih layanan pengiriman pada hari yang sama melalui Go-Send dan Grab Express.

Tokopedia
Dok: Tokopedia

Tokopedia mencatat total transaksi (gross merchandise value/GMV) naik empat kali lipat di 2018 dibanding tahun sebelumnya (year on year/yoy). Tokopedia juga mengklaim bahwa layanannya menjangkau 93% kecamatan di Indonesia.

Tanpa menyebut detail jumlah pesanan yang terlayani, Tokopedia menyatakan bahwa jumlah transaksi di luar Pulau Jawa pun naik 66% dibanding 2017. "Tokopedia selalu berinovasi menghadirkan produk-produk yang berfokus untuk memudahkan hidup masyarakat," demikian dikutip dari blog resmi Tokopedia, pekan lalu (31/12/2018).

Tokopedia juga menyebutkan beberapa produk yang banyak ditransaksikan di platform-nya dalam bentuk konversi. Misalnya, pupuk yang terjual di Tokopedia bisa memupuk lahan tujuh kali kota Medan, Sumatera Utara. Adapun luas kota Medan sebesar 265,1 kilometer (km) persegi.

Lalu, stiker yang terjual di Tokopedia setara dengan empat kali total penduduk Palembang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Palembang mencapai 1.623.099 orang per Januari 2018.

(Baca: Beberapa Poin Regulasi E-Commerce Yang Masih Ditunggu pada 2019)

Kemudian total mangkok yang terjual di Tokopedia juga disebut cukup untuk dibagikan ke seluruh penduduk Tangerang Selatan, Banten. Adapun BPS mencatat, jumlah penduduk Tangerang Selatan mencapai 1.593.812 orang pada 2016.

Sementara itu, total buah yang terjual di Tokopedia bisa digunakan untuk menyusun 135 ribu paket atau parcel. Tokopedia juga menjual 16 juta botol produk minuman. Selain itu, Tokopedia sudah menjual baterai yang bisa menghidupkan 100 ribu motor listrik.

Yang menarik, sebanyak 25% dari pesanan dikirim di hari yang sama (same-day delivery) seperti layanan Go-Send dari Gojek dan Grab Express dari Grab. "Tokopedia hadir untuk menciptakan peluang dan membantu masyarakat untuk mendapatkan lebih," demikian kata Manajemen Tokopedia.

Selain itu, Tokopedia sudah menjual saldo uang elektronik (e-money) yang bisa dipakai untuk melintasi 120 ribu kali tol Jakarta-Surabaya. Adapun tarif tol Jakarta-Surabaya mencapai sekitar Rp 600 ribu.

(Baca: Prospek Bisnis Digital 2019: Primadonanya Masih E-Commerce dan Fintech)

Lalu, penjualan saldo M-Tix dapat digunakan untuk membeli lima tiket bioskop bagi setiap penduduk kota Padang, Sumatera Barat. Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk kota Padang mencapai 927.168 jiwa.

Sebelumnya, Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group Kenny Ho menambahkan, Tokopedia merangkul banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. "Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia," kata dia.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha