Kementerian ESDM: Keuangan PLN Aman meski Tarif Listrik Tak Naik

Image title
10 Januari 2019, 21:54
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin keuangan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) tak akan terganggu meski tarif listrik tak naik tahun ini. Alasannya, sejumlah harga komoditas yang menjadi sumber energi pembangkit masih stabil. 

Menurut Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng mengatakan keuangan PLN tak terganggu karena batu bara sudah dipatok US$ 70 per ton. Selain itu, harga minyak Indonesia juga turun ke level US$ 54,81 per barel pada Desember.

Kedua, adalah nilai tukar rupiah pun menguat di kisaran Rp 14.000 per US$. Inflasi juga masih terjaga. “Kenyataannya sekarang ini PLN bisa bernafas,” ujar Sommeng, di Jakarta, Kamis (10/1).

Seperti diketahui, hingga akhir September tahun 2018, kerugian yang diderita PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mencapai Rp 18,4 triliun. Padahal, pada periode sama tahun lalu, perusahaan masih meraup untung Rp 3,06 triliun. Penyebabnya adalah pelemahan nilai tukar rupiah dan kenaikan harga energi.

Adapun, pemerintah telah menyurati PLN untuk tidak menaikkan listrik hingga Maret 2019. Pertimbangannya, daya beli masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...