Proyek Migas Baru yang Beroperasi Tahun Ini Meningkat Jadi 13

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

10/1/2019, 17.08 WIB

13 proyek itu bisa menyumbang produksi hingga 240 ribu barel setara minyak per hari.

Rig
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan 13 proyek hulu migas bisa beroperasi tahun ini. Proyek tersebut diharapkan dapat mendukung produksi siap jual (lifting) migas nasional tahun 2019.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan secara total 13 proyek itu bisa menyumbang produksi 240 ribu barel setara minyak per hari (bsmph). Perinciannya, 1.300 MMscfd berupa gas dan 8.600 bph minyak.

Jumlah proyek yang akan beroperasi tahun ini meningkat dibandingkan realisasi 2018. Alhasil, total investasinya mencapai US$ 702 juta atau setara Rp 9,8 triliun. “Tahun 2018 ada enam proyek, untuk 2019 ada 13 proyek onstream," kata Dwi dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR, di Jakarta,Kamis (10/1).

Sebenarnya, SKK Migas pernah merilis proyek yang akan beroperasi tahun ini pada Agustus lalu. Namun, proyek yang ada di daftar tersebut ada yang diubah, bahkan diganti seperti  Proyek SWB/WB/SB yang dikerjakan PetroChina intl Jabung Ltd, Proyek CPS Modification oleh PetroChina Intl. Jabung Ltd, Proyek L-Parigi yang dikerjakan PT Pertamina EP, dan Proyek Sidayu oleh Saka Indonesia Pangkah Ltd.

(Baca: Investasi Hulu Migas Bertambah Lebih Rp 4,3 Triliun dari 6 Proyek Baru)

Berikut ini daftar 13 proyek yang akan beroperasi tahun ini:

  1. Proyek Kompleks Botara yang dikerjakan PetroChina intl Jabung Ltd. Proyek ditargetkan berproduksi pada kuartal I tahun 2019, estimasi produksi puncak proyek ini 12 MMscfd.
  2. Proyek Terang Sirasun Batur Phase 2 oleh Kangean Energy Indonesia Ltd. Estimasi produksi puncak proyek ini 200 MMscfd dan akan beroperasi kuartal I 2019
  3. Proyek Buntal-5 oleh Medco E&P Natuna Ltd dengan puncak produksi sesuai kapasitas sebesar 45 MMscfd. Proyek ini akan beroperasi kuartal tiga 2019.
  4. Proyek Bison, Iguana, Gajah Putih (BIG) oleh Premier Oil NSBV. Proyek ini memiliki kapasitas 163 mmscfd dan estimasi puncak produksinya sesuai kapasitas dan beroperasi kuartal III 2019.
  5. Proyek Suban Compression oleh ConocoPhilips (Grissik) Ltd. Estimasi puncak produksinya ditargetkan sebesar 780 mmscfd. Proyek ini akan beroperasi kuartal III.
  6. Proyek Bukit Tua Phase 3 yang dikerjakan oleh Petronas Carigali Ketapang II Ltd. Proyek ini memiliki estimasi puncak produksi sebesar 31,5 mmscfd. Adapun proyek ini akan beroperasi pada kuartal dua tahun ini.
  7. Proyek Ario Damar-Sriwijaya Phase 2 oleh PT Tropik Energi Pandan. Estimasi puncak produksi 20 MMscfd dengan target operasi kuartal II 2019.
  8. Pemasangan kompresor Betung oleh PT Pertamina EP. Estimasi puncak produksi proyek ini 15 MMsfd. Target operasi kuartal empat 2019.
  9. Pengaliran Gas Temelat ke Gunung Kembang Selatan oleh PT Medco E&P Indonesia, dan estimasi produksi puncaknya 10 MMscfd dengan target onstream kuartal II 2019.
  10. Proyek YY yang dikerjakan PHE ONWJ. Proyek tersebut memiliki kapasitas 4.605 bph untuk minyak dan gas sebesar 25,5 mmscf. Adapun puncak produksi minyak dan gasnya sesuai dengan kapasitas produksinya. Proyek ini akan beroperasi pada kuartal empat 2019.
  11. Proyek Meliwis oleh Santos (Madura Offshore) Pty.Ltd. Kapasitas fasilitas produksi proyek ini sebesar 20 mmscfd dan produksi puncaknya sesuai dengan kapasitasnya. Adapun proyek ini beroperasi pertama kali pada kuartal empat 2019.
  12. Proyek Full Well Steam Kedung Keris oleh ExxonMobil Cepu Ltd. Puncak produksi dan kapasitasnya 3.800 barel per hari (bph). Targetnya proyek besutan perusahaan asal Amerika Serikat ini beroperasi kuartal III 2019.
  13. Bayan Gas Production Fasilities oleh Manhattan Kalimantan Investments Pte.Ltd. Proyek ini estimasi produksi puncaknya 15 MMscfd untuk minyak dan gas 250 bph. Target operasi kuartal empat 2019.

 

 

Reporter: Anggita Rezki Amelia

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha