Jeff Bezos Cerai, Amazon Jadi Bagian dari Harta Gono Gini

Desy Setyowati
11 Januari 2019, 11:26
Jeff Bezos
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Pendiri dan CEO Amazon Jeffrey Preston Bezos akan bercerai dengan istrinya, MacKenzie Bezos. Bila itu terjadi, Amazon turut dipertaruhkan sebagai harta gono gini.

MacKenzie berpeluang memegang sebagian besar saham Amazon, sebab perusahaan e-commerce raksasa itu didirikan setelah keduanya menikah. Sementara, hukum yang berlaku di negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS), di mana mereka tinggal menyebutkan, bahwa semua aset yang didapat dalam pernikahan dibagi sama rata setelah bercerai.

Menurut Forbes, kekayaan Jeff Bezos sekitar US$ 137 miliar. Sekitar 90% dari kekayaan itu berasal dari kepemilikan 80 juta lembar atau setara 16% saham Amazon.

Dengan asumsi tidak ada kesepakatan di antara keduanya sebelumnya, Jeff Bezos mungkin perlu menjual atau mentransfer setengah dari kepemilikan sahamnya di Amazon.  Meski, kecil kemungkinan MacKenzie untuk benar-benar memegang kontrol di Amazon. "Ini hanya 8% dari saham (Amazon)," kata Analis Wedbush Micahel Pachter, dikutip dari CNN, Jumat (11/1).

(Baca: Apple, Google dan Amazon jadi Merek Paling Bernilai 2018)

Hal ini dikuatkan oleh pernyataan Wakil Presiden Divisi Komunikasi Amazon Drew Herdener. Menurutnya, Jeff Bezos tetap memimpin perusahaan. "Jeff tetap fokus dan terlibat dalam semua aspek Amazon," kata dia.

Tidak seperti CEO teknologi lain, seperti Mark Zuckerberg di Facebook dan Evan Spiegel di Snap, kendali Jeff Bezos terhadap Amazon tidak datang dari kepemilikan mayoritas saham. Suara Jeff Bezos  didengar di Amazon karena rekam jejak kepemimpinan yang kuat selama dua dekade.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...