Jeff Bezos Cerai, Amazon Jadi Bagian dari Harta Gono Gini

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

11/1/2019, 11.26 WIB

Jeff Bezos mendirikan Amazon setelah menikah dengan MacKenzie. Menurut hukum, harta yang diperoleh di dalam pernikahan harus dibagi setelah bercerai.

Jeff Bezos
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Pendiri dan CEO Amazon Jeffrey Preston Bezos akan bercerai dengan istrinya, MacKenzie Bezos. Bila itu terjadi, Amazon turut dipertaruhkan sebagai harta gono gini.

MacKenzie berpeluang memegang sebagian besar saham Amazon, sebab perusahaan e-commerce raksasa itu didirikan setelah keduanya menikah. Sementara, hukum yang berlaku di negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS), di mana mereka tinggal menyebutkan, bahwa semua aset yang didapat dalam pernikahan dibagi sama rata setelah bercerai.

Menurut Forbes, kekayaan Jeff Bezos sekitar US$ 137 miliar. Sekitar 90% dari kekayaan itu berasal dari kepemilikan 80 juta lembar atau setara 16% saham Amazon.

Dengan asumsi tidak ada kesepakatan di antara keduanya sebelumnya, Jeff Bezos mungkin perlu menjual atau mentransfer setengah dari kepemilikan sahamnya di Amazon.  Meski, kecil kemungkinan MacKenzie untuk benar-benar memegang kontrol di Amazon. "Ini hanya 8% dari saham (Amazon)," kata Analis Wedbush Micahel Pachter, dikutip dari CNN, Jumat (11/1).

(Baca: Apple, Google dan Amazon jadi Merek Paling Bernilai 2018)

Hal ini dikuatkan oleh pernyataan Wakil Presiden Divisi Komunikasi Amazon Drew Herdener. Menurutnya, Jeff Bezos tetap memimpin perusahaan. "Jeff tetap fokus dan terlibat dalam semua aspek Amazon," kata dia.

Tidak seperti CEO teknologi lain, seperti Mark Zuckerberg di Facebook dan Evan Spiegel di Snap, kendali Jeff Bezos terhadap Amazon tidak datang dari kepemilikan mayoritas saham. Suara Jeff Bezos  didengar di Amazon karena rekam jejak kepemimpinan yang kuat selama dua dekade.

Grafik:

Selain itu, Namun, pengacara perceraian kelas atas, Laurence Hirsch berpendapat bahwa Jeff dan MacKenzie akan bernegosiasi terkait pembagian harta gono gini. "Dugaan saya, akan ada peluang selama negosiasi yang memungkinkan MacKenzie untuk menerima lebih banyak daripada yang diantisipasi publik dalam hal aset sebagai imbalan atas kerja sama penuhnya," kata dia.

Adapun Jeff Bezos dan MacKenzie bercerai setelah 25 tahun menikah. MacKenzie adalah seorang penulis dan sudah merilis dua buku karangan, The Testing of Luther Albright dan Traps.

(Baca: Bos Amazon Jadi Orang terkaya Dunia Versi Forbes)

Mereka bertemu ketika MacKenzie melakukan wawancara kerja di firma manajemen investasi D.E. Shaw. Saat itu, Jeff Bezos lah yang mewawancari MacKenzie. Mereka pun menikah pada 4 September 1993 dan memiliki empat orang anak.

Jeff Bezos yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia menyampaikan  rencana perceraiannya melalui akun Twitter. "Sebagaimana diketahui keluarga dan teman-teman dekat, setelah eksplorasi dan percobaan perpisahan setelah begitu lama, kami memutuskan bercerai dan melanjutkan hidup sebagai teman," ujarnya.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha