Tiga Film Bioskop Terlaris Masuk Nominasi Piala Maya

Penulis: Dini Hariyanti

11/1/2019, 02.00 WIB

Film terbanyak ditonton sepanjang 2018 yang jadi nominasi, yaitu Sebelum Iblis Menjemput, Teman tapi Menikah, serta Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212.

Film di Bioskop XXI
Arief Kamaludin | Katadata
Suasana pemutaran film Aruna dan Lidahnya di Jakarta, Kamis, (27/09/2018).

Sebanyak delapan film bioskop menjadi nominasi Piala Maya kategori film cerita panjang / film bioskop terpilih. Tiga judul yang masuk dalam daftar ini merupakan tayangan layar lebar terbanyak ditonton sepanjang 2018.

Berdasarkan informasi yang dipublikasikan akun @film_indonesia, nominasi yang notabene film bioskop terlaris ialah Sebelum Iblis Menjemput, Teman tapi Menikah, dan Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212. Masing-masing disaksikan oleh 1,12 juta penonton, 1,66 juta orang, dan 1,55 juta pasang mata.

(Baca juga: Menuju 4.000 Layar, Pengusaha Khawatir Bioskop Independen Tergilas

Mengutip www.bioskoptoday.com, Sebelum Iblis Menjemput merupakan karya arahan Timo Tjahjanto yang diproduksi Sky Media dan Legacy Pictures, rilis pada 9 Agustus 2018. Film ini menceritakan tentang Alfie (Chelsea Islan) yang ditinggal mati ibunya secara misterius. Dia tidak dekat dengan sang ayah, Alfie baru sadar bahwa ayahnya yang bernama Lesmana (Ray Sahetapy) bangkrut dan sekarat dengan penyakit tak wajar.

Sementara itu, Teman tapi Menikah merupakan besutan Falcon Pictures yang disutradarai Rako Prijanto, diputar perdana pada 28 Maret 2018. Tokoh bernama Ditto (Adipati Dolken) dalam film ini jatuh cinta sejak pertama kali bertemu Ayu (Vanesha Prescilla). Selama sebelas tahun bersahabat, Ditto selalu gagal mendekati Ayu.

(Baca juga: Sineas Minta Komisi Film Fokus Promosikan Insentif di Daerah

Judul ketiga adalah Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 arahan Angga D. Sasongko yang rilis pada 30 Agusutus 2018, film ini diproduksi Lifelike Pictures dan Fox International Productions. Latar waktu dalam skenario cerita berlangsung pada abad ke-16.

Tokoh Wiro Sableng (Vino G. Bastian) merupakan murid Sinto Gendeng (Ruth Marini) dari Gunung Gede. Wiro diutus untuk mencari mantan murid Sinto Gendeng, yaitu Mahesa Birawa (Yayan Ruhian) yang menjadi penjahat.

(Baca juga: Sepuluh Film Indonesia Terlaris Sepanjang 2018)

Piala Maya merupakan ajang penghargaan film yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2012. Terdapat 23 kategori nominasi, beberapa di antaranya yaitu Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih, Penyutradaraan Terpilih, Penyutradaraan Berbakat Film Panjang Karya Perdana Terpilih (Piala Iqbal Rais), Aktor Utama Terpilih, Aktris Utama Terpilih, Aktor/ Aktris Cilik/ Remaja, Penampilan Singkat Nan Berkesan, Skenario Asli Terpilih, Skenario Adaptasi Terpilih, dan Lagu Tema Terpilih.

Nominasi Kategori Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih, yaitu :
1. Aruna dan Lidahnya (Palari Films)
2. Keluarga Cemara ( Visinema Pictures)
3. Love for Sale (Visinema Pictures, Stay Connected Media, 13 Entertainment)
4. Sebelum Iblis Menjemput (Sky Media, Legacy PIctures)
5. Sekala Niskala (Fourcolours Films, Treewater Productions)
6. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (Mooryati Soedibyo Cinema)
7. Teman tapi Menikah (Falcon Pictures)
8. Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 (Lifelike Pictures, Fox International Productions).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha