Mapan, Aplikasi Arisan Barang yang Memikat Gojek

Desy Setyowati
12 Januari 2019, 05:00
Arisan Mapan
Arisan Mapan
Kegiatan peserta Arisan Mapan di berbagai daerah.

Arisan merupakan kegiatan yang jamak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama kaum wanita. Dalam arisan, suatu kelompok akan mengumpulkan uang atau barang secara rutin dalam periode tertentu. Pemenang arisan akan ditentukan melalui undian.

Di era digital, arisan pun bisa dilakukan melalui aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Arisan Mapan. "Pendekatan kami adalah komunitas," kata CEO Mapan Hendra Tjanaka di kantornya, Jakarta, Senin (7/1).

Mapan berfokus pada kegiatan arisan barang di wilayah Jawa dan Bali. Saat ini, penggunanya mencapai 2,3 juta orang yang terbagi dalam 180 ribu kelompok arisan. Mapan juga memiliki 115 kantor cabang di daerah.

Hendra menjelaskan, Mapan merupakan layanan yang membantu masyarakat untuk membeli barang dengan mudah melalui sistem arisan. Caranya, pengguna dapat memilih barang yang diinginkan dalam katalog Arisan Mapan yang saat ini memuat lebih dari 500 item, dari pakaian, perabot, hingga barang elektronik.

(Baca: Prospek Bisnis Digital 2019: Primadonanya Masih E-Commerce dan Fintech)

Setelah itu, pengguna dapat memulai kelompok  arisan yang terdiri dari 4 - 10 orang dengan minat yang sama. Umumnya, arisan akan digelar dalam jangka waktu enam bulan sampai semua anggota bergilir menjadi pemenangnya. Besarnya iuran disesuaikan dengan harga barang dan jumlah anggota arisan.

Saat ini, Mapan juga belum mengenakan bunga ataupun biaya administrasi bagi penggunanya. Bahkan, Mapan memberikan komisi 5 – 10 persen untuk ketua arisan yang berhasil mengumpulkan iuran anggotanya dengan tepat waktu.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...