Realisasikan Tujuh Program, Anggaran Kominfo Naik Rp 484 Miliar

Desy Setyowati
16 Januari 2019, 20:20
Palapa Ring
Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendapat pagu anggaran Rp 5,4 triliun pada tahun ini untuk menjalankan tujuh program. Pagu ini naik sekitar Rp 484 miliar dibandingkan dengan realisasi penyerapan anggaran tahun lalu senilai Rp 4,9 triliun.

Program tersebut terdiri dari infrastruktur telekomunikasi; pengembangan ekosistem digital; literasi digital dan media; pengendalian konten; layanan publik; government public relation; serta pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Advertisement

Terkait dengan infrastruktur telekomunikasi ada tiga proyek yang dibangun, yaitu Palapa Ring, last mile dan base transceiver station (BTS), serta akses internet. Pembangunan Palapa Ring Timur kini mencapai 90%.

"Akhir kuartal kedua, Palapa Ring kami harap terhubung. (Ini) jaringan tulang punggung internet," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, di Jakarta, Rabu (16/1).

(Baca juga: Dipercepat, Kominfo Siap Rilis Aturan 5G Tahun Ini

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement