Di Debat Pilpres, Jokowi dan Prabowo Sepakat soal Deradikalisasi

Dimas Jarot Bayu
17 Januari 2019, 22:10
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Paslon 01, Joko Widodo menyalami Paslon 02, Prabowo Subianto menjelang Debat Capres I 2019 di Jakarta, Kamis (17/1/2019)

Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki program yang hampir sama dalam penanggulangan terorisme. Keduanya akan mendorong deradikalisasi tetapi dengan pendekatan yang berbeda.

Bagi orang-orang yang telah terpapar, Jokowi-Ma'ruf akan mendorong program deradikalisasi. "Ke depan kami lebih mengutamakan pencegahan," kata Ma'ruf ketika debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

Ma'ruf mengatakan, deradikalisasi perlu dilakukan dengan mengkaji alasan seseorang terpapar terorisme. Jika hal tersebut disebabkan oleh paham radikal, pemerintah akan berusaha meluruskan kembali paham orang tersebut.

Namun jika seseorang terpapar terorisme akibat kondisi ekonomi dan sosial, maka pendekatan yang paling tepat adalah dengan pemberian lapangan kerja dan santunan. "Itu yang bisa mengembalikan mereka kepada jalan yang lurus," kata Ma'ruf.

Jokowi mengatakan, Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme sudah menitikberatkan pada pencegahan. Selain itu, aturan tersebut juga memiliki pendekatan sosial, ekonomi, budaya, dan keagamaan.

Lebih lanjut, aturan tersebut juga mendorong transparansi pada proses penindakan. Adapun, Jokowi menilai perlu diberikan pengetahuan mengenai hak asasi manusia (HAM) kepada para aparat penegak hukum. "Standar operasional prosedur (SOP) pun harus berbasis HAM," kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...