Disinggung Soal Caleg Koruptor, Prabowo Subianto Naik Pitam

Dimas Jarot Bayu
17 Januari 2019, 23:05
Debat Capres
Antara Foto/Aprillio Akbar
Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat pertama yang diikuti pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma\'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga Uno tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme

Suara calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meninggi ketika debat Pilpres 2019 berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Hal itu terjadi ketika calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menanyakan kepada Prabowo terkait calon anggota legislatif (caleg) dari Gerindra yang merupakan mantan narapidana kasus korupsi.

Mengutip data Indonesia Corruption Watch (ICW), Jokowi menyebut caleg mantan narapidana korupsi paling banyak berasal dari Gerindra. Jokowi pun membenturkan data tersebut dengan janji Prabowo terkait pemberantasan korupsi.

Advertisement

Prabowo awalnya mengatakan tak mempercayai data ICW tersebut dan menilai data itu sangat subjektif. "Saya tidak setuju itu, saya seleksi caleg-caleg tersebut. Kalau ada bukti juga silakan laporkan," kata Prabowo.

Prabowo pun meminta Jokowi tidak menuduh partai yang diketuainya tersebut macam-macam. Prabowo memastikan Gerindra akan melawan korupsi hingga ke akar-akarnya. "Kalau ada anggota Gerindra yang korupsi, saya yang akan masukin ke penjara sendiri," kata Prabowo.

(Baca: Jokowi Tegaskan Tak Punya Konflik Kepentingan dan Beban Masa Lalu)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement