Tak Ada Nama Kalla dan Habibie di Bangku Tamu Debat Capres Nanti Malam

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2019, 11:11
Persiapan Debat Pertama Pilpres 2019
KATADATA/AMEIDYO DAUD
Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan persiapan dan pengecekan menjelang pelaksanaan Debat Pilpres 2019 di Hotel Bidaraka, Jakarta, Kamis (17/1).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menggelar debat pertama pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2019, Kamis (17/1) malam. Pagi ini persiapan lokasi debat di Bidakara, Jakarta Selatan sedang dilakukan oleh protokol KPU.

Persiapan yang dilakukan, antara lain peletakan nama tamu undangan di kursi tamu yang disediakan di dalam ruang debat, perangkat pengeras suara (sound system), hingga kesiapan akhir panggung. Dari pantauan Katadata, beberapa nama pejabat tinggi negara dipastikan hadir, ini terlihat dari nama-nama yang terpasang di bangku tamu.

Namun, tidak ada nama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden RI keempat Bacharuddin Jusuf Habibie di situ. Seorang petugas protokol KPU yang mempersiapkan nama-nama di bangku mengatakan, Kalla belum terkonfirmasi hadir. Sedangkan Habibie tak dapat hadir lantaran tengah berada di luar negeri.

"Bisa saja last minute beliau (Kalla) hadir," kata seorang petugas protokol KPU yang sedang mempersiapkan acara di lokasi, Kamis (17/1). KPU juga mempersiapkan bangku apabila Kalla dipastikan hadir nanti.

Sedangkan beberapa nama yang terkonfirmasi hadir, antara lain Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri serta Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). KPU mempersiapkan kursi bagi keduanya di baris paling depan sebelah kiri. Namun, belum diketahui apakah Mega yang merupakan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) dan Yudhoyono yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat akan mengambil tempat duduk di depan atau di belakang para paslon masing-masing. "Kami masih mempersiapkannya di depan," kata petugas tersebut.

(Baca: KPU: Capres-Cawapres Boleh Bawa 100 Pendukung di Ruang Debat)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...