Ditutup Tanpa Apresiasi, Debat Diwarnai Saling Sindir

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
18 Januari 2019, 06:50
Debat Capres
Antara Foto/ Sigid Kurniawan
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) bersama pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma\'ruf Amin (kedua kanan) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Debat perdana dalam rangkaian Pilpres 2019 ditutup tanpa apresiasi dari kedua pasangan calon (paslon). Saling sindir masih mewarnai debat tersebut.

Dalam pidato singkatnya, Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengatakan, ia bukan diktator dan tidak memiliki rekam jejak yang buruk di masa lalu. Jokowi dan pasangannya Ma'ruf Amin memastikan akan mempertahankan reputasi baiknya dalam hal hukum, hak asasi manusia (HAM), hingga korupsi.

"Kami akan pertaruhkan reputasi dan menggunakan kewenangan yang kami punya untuk perbaikan bangsa," kata Jokowi, di Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1) malam.

Sementara itu, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menekankan pada para penegak hukum yang sejahtera sebagai prasyarat negara yang berhasil. Oleh karena itu, ia menjanjikan kenaikan gaji hakim dan aparat hukum lainnya.

Mantan Danjen Kopassus itu juga mengatakan, ada kesalahan elit yang membiarkan kebocoran kekayaan negara ke luar negeri. "Ini kesalahan bersama, kesalahan para elite yang sudah berjalan puluhan tahun," kata Prabowo. Dengan penghasilan aparat hukum yang besar, mereka dapat menjadi pilar negara di masa depan.

Sebelum acara usai, Jokowi dan Ma’ruf Amin yang berada di sisi kiri panggung debat sempat menyambangi Prabowo dan Sandiaga Uno. Keempatnya lantas saling berpelukan meski acara belum resmi ditutup. Usai kejadian tersebut, moderator debat Ira Koesno dan Imam Priyono menutup acara.

(Baca: Prabowo Usung Rasio Pajak 16% untuk Naikkan Gaji PNS)

Saling Sindir

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...