Kerjasama Dengan HKTI, BRI Target Salurkan KUR ke Petani Rp 80 Triliun

Image title
18 Januari 2019, 16:11
Pelayanan perbankan BRI
ANTARA FOTO/Feny Selly
Pelayanan perbankan BRI.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. optimis mampu menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke sektor produksi tahun ini sesuai target minimum yang ditetapkan pemerintah yaitu 60% dari total plafon KUR. Salah satu upaya yang mereka lakukan yaitu dengan menjalin kerja sama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

BRI dan HKTI menandatangani Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan. Dengan demikian, BRI berkomitmen memberikan akses penyediaan jasa layanan perbankan untuk HKTI maupun anggotanya.

Advertisement

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, sebagai bank yang fokus kepada usaha mikro serta ekonomi kerakyatan, BRI memiliki keterikatan yang erat dengan sektor pertanian. "Kami berupaya memfasilitasi layanan perbankan yang dibutuhkan oleh HKTI dalam upaya pengelolaan keuangan yang lebih optimal,” kata Suprajarto di kantornya, Jakarta, Jumat (18/1).

(Baca: Pemerintah Siap Luncurkan Program KUR Khusus pada Kuartal I)

Lebih lanjut, Suprajarto memperkirakan potensi penyaluran KUR kepada anggota HKTI mencapai Rp 80 triliun. Hal itu berdasarkan anggota HKTI yang mencapai 4 juta orang dengan rata-rata penyaluran KUR kepada satu orang diperkirakan sebesar Rp 20 juta.

BRI mendorong sinergi dengan seluruh stakeholders terkait agar mampu memberikan nilai tambah bagi sektor pertanian di Indonesia. Termasuk kerja sama dengan HKTI ini sebagai institusi yang akan menghubungkan antara petani dengan seluruh pemangku kepentingan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement