Marak Penutupan Gerai Retail, Darmin: Ada Perubahan Pola Konsumsi

Michael Reily
18 Januari 2019, 14:01
Toko retail
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Ilustrasi gerai retail.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ikut berkomentar terkait fenomena penutupan gerai retail yang terjadi belum lama ini. Menurutnya, penutupan itu salah satunya disebabkan oleh perubahan pola konsumsi serta belanja masyarakat akibat pengaruh tren perdagangan dunia.

Darmin maraknya perdagangan elektronik (e-commerce) yang memanfaatkan kemajuan teknologi ikut mengubah trend perdagangan dunia. "Kalau soal retail karena dunia itu sedang berubah," kata dia di Jakarta, Jumat (18/1).

Advertisement

Selain itu pola belanja barang masyarakat menurutnya juga mengalami perubahan. Misalnya, dari kebiasaan masyarakat berbelanja ke hypermarket dan supermarket yang beralih ke minimarket. Fenomena ini terjadi cukup besar di Indonesia dan merubah  konstalasi, sehingga salah satu pemain akhirnya tersingkir. "Jadi, itu persaingan antar-retail," ujar Darmin.

(Baca: Tahun Politik, Industri Retail Ditargetkan Tumbuh 10%)

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) angkat bicara terhadap isu penutupan gerai retail seperti yang belum lama dialami Hero Grup dan perusahaan retail asal Thailand Central Department Store. Mereka menilai efisiensi melalui penutupan merupakan hal yang wajar di lingkup industri retail untuk menjaga kesehatan finansial perusahaan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement