Produksi Blok Mahakam, Sanga-Sanga, East Kalimantan Turun Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
18 Januari 2019, 14:43
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Di 2018, SKK Migas menargetkan produksi minyak blok Mahakam sebesar 42,01 ribu bph, dan target produksi gas sebesar 916 mmscfd. Kedua target ini lebih rendah dari produksi minyak dan gas 2017. Pekerja beraktifitas di Lapangan Senipah, Peciko dan South Mahakam (SPS), Kutai Kartanegara, Rabu (27/12/2017).

Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) menargetkan produksi minyak dan gas bumi (migas) perusahaanya tahun ini lebih rendah dari capaian tahun lalu. Ini karena performa blok migas yang dikelola PHI sudah tua dan mengalami penurunan produksi (decline).

Direktur Utama PHI Bambang Manumayoso mengatakan untuk target produksi minyak PHI tahun ini sebesar 47,5 ribu barel per hari (bph),atau turun 3,2% dari tahun lalu 49,1 ribu bph. Target produksi gas juga hanya 849 MMSCFD atau turun 8,6% dari tahun lalu 929 mmscfd.

Penyebab produksi turun karena usia sumur yang tergolong tua seperti Blok Mahakam. "Mahakam sudah sepuh sekali," kata dia di Jakarta, Kamis (17/1).

Target produksi Blok Mahakam tahun ini 30,4 ribu bph dan target liftingnya juga setara dengan target produksi. Sementara itu, target produksi gas Mahakam tahun ini 715 mmscfd, target liftingnya sebesar 608 mmscfd. Tahun lalu, produksi Mahakam mencapai 33,8 ribu bph, dan gasnya 794 mmscfd.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan capaian produksi Mahakam tahun lalu lebih tinggi dari ekspektasi operator lama Blok Mahakam sebelumnya, Total E&P Indonesie. "Produksi masih sekitar 5% di atas yang diproyeksikan Total,” kata dia.

Tak hanya Mahakam, PHI juga mengelola Blok Sanga-Sanga. Target produksi minyak Blok Sanga-Sanga sebesar 7,5 ribu bph dan lifting-nya ditargetkan 7,2 ribu bph. Target produksi gasnya 82 mmscfd, dan lifting-nya 57 mmscfd.  Target produksi Sanga-sanga tahun 2019 itu lebih rendah dari capaian produksi Sanga-Sanga tahun lalu yang mencapai 8,3 ribu bph untuk minyak dan gasnya mencapai 91 mmscfd.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...