Mulai Besok, WhatsApp Batasi Pesan Terusan Hanya Lima Kali

Desy Setyowati
21 Januari 2019, 19:27
WhatsApp Batasi Pesan Terusan Hanya Lima Kali
PXHERE.COM
Ilustrasi WhatsApp

WhatsApp membatasi pesan terusan menjadi hanya lima kali di Indonesia mulai pekan ini. Langkah ini ditempuh guna meminimalkan penyalahgunaan WhatsApp untuk menyebarkan hoaks.

Head of Public Affairs WhatsApp Carl Woog menyampaikan, kebijakan ini sudah terlihat jika pengguna memperbaharui aplikasinya. "Akan berlaku segera," ujar dia saat diskusi bertajuk 'Pemuda Memilih' di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (21/1).

Advertisement

WhatsApp Election Integrity Efforts Victoria Grand menambahkan, awalnya, batasan lima kali pesan terusan ini berlaku di India saja. Sementara di negara lainnya, termasuk Indonesia, pesan terusan dibatasi hingga 20 kali.

Namun, setelah pertimbangan matang, WhatsApp menyeragamkan batasan menjadi lima kali pesan terusan di seluruh dunia. "Kami sudah berdiskusi dengan beberapa pemangku kepentingan termasuk Menteri Komunikasi san Informatika (Kominfo) Rudiantara," ujarnya.

(Baca: Kominfo Terima 500 Ribu Aduan Konten Negatif di Twitter)

Pengguna bisa menemukan label pesan terusan saat menggunakan WhatsApp. Dengan begitu, pengguna akan mengetahui jika pesan yang diterimanya tidak dibuat sendiri oleh pengirim, melainkan terusan dari pengguna lain.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement