Foto Banyak Disukai, Sri Mulyani Berkelakar Ingin Jadi Selebgram

Rizky Alika
22 Januari 2019, 17:45
Sri Mulyani
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ingin menjadi selebriti Instagram (selebgram) bila telah selesai menjabat sebagai menteri. Menurutnya, foto yang dia unggah pada akun Instagram miliknya mendapat banyak respons berupa komentar dan tanda like dari netizen.

"Waktu saya pergi ke Labuan Bajo atau Raja Ampat, saya upload ke Instagram itu 1 juta yang nge-like," kata dia dalam Forum Diskusi A1 bertajuk “Indonesia Bukan Negara Miskin” di Jakarta, Selasa (22/1). "Terus ada yang bilang, 'Ibu Menteri, ke sini dong'. Jadi saya senang pergi buat promosikan," ujarnya.

(Baca: Kylie Jenner Jadi Selebgram Terkaya Dunia)

Sambil tertawa, Sri Mulyani mengatakan, dirinya dapat memperoleh permintaan iklan (endorse) produk bila betulan menjadi selebgram. Sosiolog Imam Prasodjo yang menjadi moderator dalam acara diskusi tersebut juga sempat menyebut soal pengaruh Sri Mulyani. "Anda diam-diam jadi trendsetter," kata dia.

Imam mendapati masyarakat mencari batik yang serupa dengan yang dikenakan oleh Sri Mulyani. Soal ini, Sri Mulyani pun tidak menampik. Menurut dia, saat berbelanja, penjual pakaian menanyakan pilihan baju yang dipilihnya. Dengan demikian, penjual tersebut dapat mengenakan baju yang serupa.

(Baca: Kemenkop Dorong Banyak Usaha Kreatif Berbadan Hukum Koperasi)

Melihat fenomena tersebut, Imam pun menilai para figur publik – seperti menteri dan presiden – bisa bermanfaat untuk mempromosikan berbagai produk lokal, termasuk produk dari industri kreatif. "Itu (pelaku usaha) bisa kolaborasi dengan orang-orang, seperti Sri Mulyani jadi semacam indirect marketing agent terhadap produk Indonesia," ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...