Kemenkop Dorong Banyak Usaha Kreatif Berbadan Hukum Koperasi

Dini Hariyanti
21 Januari 2019, 13:04
Film Dreadout
Dini Hariyanti | Katadata
Dreadout bakal tayang di 200 layar bioskop mulai 3 Januari 2019 dengan target penonton sedikitnya 1,5 juta orang.

Kementerian Koperasi dan UKM menginginkan pendirian badan hukum koperasi di industri perfilman meluas ke berbagai subsektor ekonomi kreatif lain. Usaha perfilman berbentuk koperasi yang ada sekarang contohnya Infoscreening.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan, konsultan berskala usaha kecil menengah (UKM) di bidang perfilman tersebut berbadan hukum Koperasi Tri Sakti Bhakti Pertiwi.

"Kami harap langkah itu segera diikuti komunitas lain, seperti (sektor) seni rupa, musik, dan lainnya. (Mereka) menggunakan badan hukum koperasi," ucapnya, di Jakarta, Senin (21/1).

Infoscreening kini menjadi konsultan CJ CGV Cinemas untuk pemutaran film "Kucumbu Tubuh Indahmu" yang disutradari Garin Nugroho. (Baca juga: CGV Cinemas Akan Hadir di 20 Lokasi Baru Tahun Ini

Kemenkop dan UKM menyatakan, badan hukum seperti koperasi merupakan aspek penting dalam praktik bisnis termasuk bagi pelaku UKM. Di bidang ekonomi kreatif sendiri sebagian besar usaha bahkan berskala mikro.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...