IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi, Darmin: Kami Masih Optimistis Capai 5,3%

Michael Reily
22 Januari 2019, 10:27
Menko Perekonomian, Darmin Nasution
Arief Kamaludin|KATADATA
Menko Perekonomian, Darmin Nasution

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan pemerintah masih optimistis mengejar target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% pada 2019 meski pertumbuhan ekonomi dunia tengah dibayangi perlambatan pertumbuhan.  Dana Moneter Internasional (IMF) kembali memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia menjadi 3,5% pada tahun ini dan 3,6% pada 2020.

Darmin mengatakan pemerintah  berupaya mencapai target pertumbuhan tersebut dengan meningkatkan ekspor dan mendorong investasi. "Kita masih bisa (capai 5,3%),  tentu kalau (ekonomi) global melambat tentu perlu kerja lebih keras," kata Darmin di Jakarta, Senin (21/1) malam.

Menurutnya, pemerintah sedang menyusun strategi ekspor dengan menganalisis beberapa komoditas potensial untuk ditingkatkan ekspornya serta mengidentifikasi sejumlah kendala. Dengan begitu, permintaan dunia yang berkurang bisa diatasi dengan mencari tahu apa saja kebutuhan pasar dan ekspor Indonesia menjadi tepat sasaran.

(Baca: Tumbuh 6,6%, Ekonomi Tiongkok Sentuh Level Terendah dalam 28 Tahun)

Sementara terkait investasi,  menurutnya pemerintah telah memberikan sejumlah kemudahan investasi melalui Online Single Submission (OSS) serta insentif fiskal untuk industri pionir merupakan kebijakan pemerintah yang sudah berjalan. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...