Aplikasi Finansialku, Catatan Keuangan hingga Investasi Pengguna

Desy Setyowati
27 Januari 2019, 06:00
Aplikasi Finansialku
Finansialku
Aplikasi Finansialku

Setiap orang memiliki hal-hal yang ingin dicapai seperti membeli rumah, pendidikan anak, hingga  menyiapkan dana hari tua. Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda mencatat keuangan, membuat anggaran, merencanakan keuangan, mengelola investasi dan membuat laporan keuangan. 

Startup ini dibangun Harris Darmawan bersama dua rekannya Melvin Mumpuni sebagai CEO dan Alvin Augusto Saputra sebagai CTO. Sementara Harris menjabat sebagai COO Finansialku.

Aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store pada awal 2017. Saat ini, aplikasi Finansialku sudah diunduh 77,3 ribu kali. "Pengguna aktif sekitar 11 ribu dan yang premium 5.817," kata dia kepada Katadata di Kantor Asosiasi Fintech (Aftech), Jakarta, kemarin (24/1).

Finansialku memang tersedia gratis untuk masa percobaan selama 30 hari. Setelahnya, pengguna akan ditawarkan untuk layanan berbayar seharga Rp 350 ribu per tahun. Sebab, Finansialku menyediakan fitur tambahan di layanan berbayar.

(Baca: Sociabuzz Luncurkan Jejaring Sosial Premium bagi Pekerja Kreatif)

Fitur tambahan itu misalnya, jumlah layanan tak terbatas. Sementara pada masa percobaan, layanan dibatasi hanya enam puluh. Pengguna berbayar juga bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan secara online, serta mendapat catatan  tentang investasi, anggaran dan aset.

Setelah terdaftar, pengguna bisa memilih perencana keuangan untuk berkonsultasi. Harris menjamin, perencana keuangan akan menjawab pertanyaan pengguna selama 24 jam. Saat ini, Finansialku memiliki tiga perencana keuangan.

Ia juga menjamin keamanan data pengguna. "Datanya terenkripsi. Kami pun tidak akan tahu. Makanya, perencana keuangan biasanya akan menanyakan kembali hal-hal yang sudah dicantumkan di profil," kata dia.

Sejauh ini, fitur tanya jawab paling banyak digunakan oleh pengguna. "Yang paling sering ditanya, mereka punya rencana apa dan uangnya sekian. Mereka akan tanya bisa investasi apa untuk bisa menjalankan rencananya itu," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...