Berpulangnya Taipan Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja

Muchamad Nafi
27 Januari 2019, 07:29
Berpulangnya Taipan Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kerabat memberikan penghormatan terakhir kepada Pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja di Rumah Duka Sentosa RSPAD, Jakarta, Minggu (27/1/2019). Salah satu orang terkaya di Indonesia itu meninggal pada usia 97 tahun.

Pada Sabtu malam, sekitar pukul 19.43, Eka Tjipta Widjaja mengembuskan napas terakhirnya kemarin. Dia salah satu konglomerat di Indonesia yang mendirikan raksasa bisnis Grup Sinar Mas.

Sebelum dikebumikan, menurut Managing Director Sinar Mas Group Gandhi Sulistyanto, Sang Taipan akan dibaringkan di rumah duka. “Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Gatot Subroto Jakarta,” kata Gandhi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara.

Belum ada kabar lebih lanjut mengenainya. Gandhi hanya memastikan hari ini akan ada pernyataan resmi terkait salah satu orang paling kaya di Indonesia, juga di dunia, tersebut. (Baca juga: Air Asia dan Sinar Mas Investasi ke Platform Chat Bisnis Thailand)

Eka terlahir dari keluarga miskin dengan nama Oei Ek Tjhong di Coana Ciu, Fujian, Cina. Dalam sejumlah literatur, tak ada keterangan tunggal tahun kelahirannya, antara 1921 dan 1923. Namun ia disebutkan menghirup napas pertama kali di dunia ini pada 3 Oktober.

Pada usia sembilan tahun, bersama ibunya, ia hijrah ke Makassar, Sulawesi Selatan, membantu ayahnya untuk menghidupi toko di sana. Belajar bisnis sedari dini, dengan jatuh-bangun berkali-kali, mengantarkannya dalam membangun konglomerasi hingga menggurita.

Bisnisnya tersebar di berbagai sektor, mulai properti, perkebunan, industri pengolahan, hingga keuangan. Di industri perkebunan dan kertas, misalnya, Sinar Mas Group dikenal melalui Asia Pulp & Paper (APP), yang menaungi perusahaan-perusahaan penghasil pulp dan kertas, satu di antara yang terbesar di dunia, dengan kapasitas produksi hingga 12 juta ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...