Target 4.000 Layar, Bioskop Menyebar ke Selain Kota Besar

Dini Hariyanti
30 Januari 2019, 13:28
Bioskop
Katadata

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan jumlah layar bioskop mencapai 4.000 pada tahun ini. Kota besar tetap menjadi sasaran tetapi pebisnis sinema juga memperluas jaringan ke daerah yang lain.

"Banyak upaya hadirkan bioskop di daerah yang belum ada layar. Pemerintah daerah kami ajak agar lebih terlibat dalam investasi baru yang masuk (ke daerahnya)," kata Wakil Kepala Bekraf Ricky J. Pesik kepada Katadata.co.id, Rabu (30/1).

(Baca juga: Menuju 4.000 Layar, Pengusaha Khawatir Bioskop Independen Tergilas

Menurutnya, bisnis bioskop di Tanah Air berpeluang terus tumbuh mengingat perbandingan jumlah layar dengan penduduk belum ideal. Per akhir tahun lalu, layar bioskop sekitar 1.681 unit sedangkan penduduk sedikitnya 250 juta jiwa.

Dibandingkan dengan negara lain, seperti China yang berpenduduk mencapai 1,5 miliar memiliki sekitar 15.000 layar sinema. Sementara itu, Korea Selatan diisi sekitar 60 juta jiwa memiliki sedikitnya 3.000 layar bioskop. 

Tak hanya jumlah sinema, populasi film nasional juga diharapkan meningkat diimbangi dengan kualitas yang juga lebih baik. "Jadi, pertumbuhan industri film nasional itu potensial seiring dengan akan terus bertambah layar bioskop," ucap Ricky. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...