Akuisisi Bank Mitraniaga, Industrial Bank of Korea Siapkan Rp 477,59 M

Hari Widowati
31 Januari 2019, 11:30
No image
Ilustrasi perbankan.

Setelah mencaplok PT Bank Agris Tbk (AGRS), Industrial Bank of Korea (IBK) memperkuat cengkeramannya di perbankan Indonesia dengan mengakuisisi 71,68% saham PT Bank Mitraniaga Tbk (NAGA). Untuk aksi korporasi tersebut, IBK menyiapkan dana Rp 477,59 miliar.

Manajemen Bank Mitraniaga dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, IBK membeli 1,17 miliar saham Bank Mitraniaga dengan harga Rp 409 per saham. Transaksi tersebut dilaksanakan pada 29 Januari 2018. Lewat aksi korporasi ini, IBK akan menjadi pemegang saham pengendali baru Bank Mitraniaga. Sebelumnya, pemegang saham pengendali Bank Mitraniaga adalah Yeo Willy Yonathan dengan kepemilikan 72,07%.

"Tujuan dari akuisisi ini adalah untuk berpartisipasi dalam pembangunan sistem perbankan yang sehat dan mempercepat konsolidasi perbankan di Indonesia," ujar Manajemen IBK dalam pengumuman akuisisi tersebut, di Jakarta, Rabu (30/1).

Selain itu, akuisisi Bank Mitraniaga ini akan memperluas cakupan bisnis IBK di Indonesia. Bank Mitraniaga juga akan mendapatkan manfaat dari aksi korporasi tersebut karena perusahaan dapat memanfaatkan keahlian IBK dalam pendanaan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk pengembangan bisnisnya ke depan.

Dengan menguasai Bank Agris dan Bank Mitraniaga, IBK diperkirakan bakal menggabungkan kedua bank tersebut. Pasalnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan diskresi bagi investor untuk memiliki saham perbankan di atas 40% apabila investor tersebut berniat mengonsolidasikan bank-bank yang diakuisisinya.

(Baca: Rencana Bisnis 2019, Mandiri Ingin Akuisisi Bank Kelas Menengah )

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...